Plug and Play, Speaker dan Subwoofer Hertz ini Cocok untuk Upgrade Audio Simpel di Wuling Almaz

  • Oleh : Julfikri

Senin, 10/Apr/2023 14:00 WIB
Speaker Hertz CPK 165 Pro yang terpasang di Wuling Almaz. Speaker Hertz CPK 165 Pro yang terpasang di Wuling Almaz.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Wuling Almaz sudah memiliki sistem car audio OEM yang tergolong bagus, terutama kalau dilihat dari jumlah 4 speaker, 4 tweeter, dan 1 subwoofer, serta processornya.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Meski demikian, sistem car audio Almaz masih bisa diimprovisasi kualitas suaranya, dan itu tergolong simpel, seperti ganti semua speaker dan subwoofer, misalnya.

Salah satunya Almaz milik pelanggan gerai Cartens Autosound, yang ingin upgrade audio dengan konsep OEM Style atau suara lebih bagus dari standar, tetapi tampilannya dibuat menyatu dengan OEM-nya.

Baca Juga:
Punya Daya Tahan Lebih, Power Amplifier Hertz HMP 4D Jadi Andalan Upgrade Audio High End

“Sound (bawaan) sudah premium, sudah ada basnya, ada subwoofer 6 inci, tapi biasanya kalau sound system premium bawaan biasanya gak mungkin dengan sistem misalnya bas ingin kencang, bahkan tidak didesain seperti itu.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com di gerainya (4/3/2023).

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

Untuk improvisasi sistem audio, dipilihlah brand Hertz yang menggantikan semua speaker dan subwoofer Almaz.

Speaker 2-Way Hertz yang dipasang di Almaz pelanggannya adalah CPK 165 Pro untuk kabin depan dan belakang. 

Tentunya speaker tersebut membuat kualitas suaranya lebih baik dari standar, namun yang terpenting pemasangannya tidak sampai harus custom door trim-nya, sesuai keinginan pelanggan. “Plug and play, socket to socket.” tambah Eddie.

Sementara untuk subwoofer, produk Hertz yang digunakan adalah MPS250 yang slim, tetapi sudah 1.000 Watt.

Berbeda dengan speaker, untuk pemasangannya harus custom boks karena subwoofer tersebut pasif. Sekedar informasi tambahan, Almaz dilengkapi subwoofer aktif bawaan berukuran 6 inci yang ditempatkan di ban serep.

“Kita custom, kita bongkar semua, kita tambahkan Hertz yang 10 inci tipe terbaru, kita buatkan custom.” jelas Eddie.

Hanya saja instalasi subwoofer seperti ini akan lebih tepat untuk Almaz yang bukan hybrid, karena Almaz Hybrid posisi baterainya berada di sekitaran bagasi.

Jangan lupa, untuk memaksimalkan kualitas suara dari speaker dan subwoofer, dibutuhkan sejumlah perangkat seperti digital sound processor, power amplifier, dan tentunya peredam. (Joule)