Pakai Resep Instalasi Juara Kontes, BestBuddyShop Sunter Upgrade Audio Lexus RX Full Alpine Status

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 14/Apr/2023 18:00 WIB
Lexus RX dengan upgrade audio system Alpine Status garapan BestBuddyShop Sunter. Lexus RX dengan upgrade audio system Alpine Status garapan BestBuddyShop Sunter.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Alpine F#1 Status merupakan sistem audio yang memiliki resolusi tertinggi di dunia, yaitu 384 kHz / 32 bit. Sistem audio tersebut hanya dijual sepaket dengan harga yang tentunya relatif tinggi dan peredarannya pun terbatas.

Kapabilitasnya sudah teruji sejak menyabet peringkat kedua PAHAMI Champion of Champions 2023 di Lexus RX. Hanya saja peredaran yang terbatas membuat Alpine F#1 Status terkesan eksklusif.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Namun Alpine memiliki produk audio system yang memakai teknologi Alpine F#1 Status, tetapi dengan harga lebih terjangkau dan tidak diedarkan terbatas, yaitu Alpine Status.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Gerai BestBuddyShop (BBS) Sunter mendapat pelanggan yang mau upgrade RX-nya dengan audio full Alpine Status, tetapi instalasi seperti Alpine F#1 Status yang sudah pernah digarap sebelumnya.

“Owner ini melihat sebelumnya kita bangun Alpine F#1 Status menggunakan Lexus RX 300. Kita ikuti beberapa kompetisi tapi prestasinya selalu bagus banget. Habis itu, owner tanya kita, mau bangun audio pakai mobil apa yang bagus. Pengalaman kita RX ini kabinnya bagus.” buka Susanto Cong, Instalatur BBS Sunter kepada SoundandMachine.com di gerainya (11/4/2023).

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Komponen Alpine Status yang terpasang di RX ini terdiri dari head unit, digital sound processor (DSP) Amp 10-channel, power amplifier, tweeter, midrange, midbass, dan subwoofer.

“Di mobil ini kita tambahin 2 power amplifier lagi 1 monoblock untuk angkat subwoofer, dan 4-channel lagi untuk midrange dan midbass-nya, tweeter kita angkat dari power DSP Amp-nya itu.” tambah Afung, sapaan akrab Susanto Cong.

Tentu tidak semata mengandalkan sistem komponennya semata, karena dibutuhkan sejumlah komponen untuk mendukung sistemnya.

Seperti peredam Z3RO Solutions, hi-res tweeter, VSS Harisson Lab, Super Cap NRG UltraCapacitor 100F, Super Bullshit cable, pitch and timbre Air 05 interconnect cable, custom copper fuse block, dan WBT RCA plug.

Berhubung pelanggannya menginginkan kualitas audio terbaik dengan komponen Alpine Status, BBS Sunter menerapkan struktur dasar instalasi seperti di RX full Alpine F#1 Status.

“Boksnya memang sengaja saya bikin mirip dengan yang Alpine F#1 Status, karena kita belajar dari situ, hasilnya maksimal banget. Struktur dasarnya sama.” jelas Afung.

Jangan salah, meskipun instalasi car audionya mirip, RX ini beda owner dengan yang sudah upgrade Alpine F#1 Status.

Dengan instalasi seperti ini, RX garapan BBS Sunter siap untuk mengikuti sejumlah kontes audio di kelas budget 5K keatas kalau di European Mobile Media Association (EMMA) atau kisaran 150 kalau di Car Audio Network.

Lantas akankah RX ini mengikuti jejak Alpine F#1 Status di PAHAMI Champion of Champions pada 2024 mendatang? “Nanti kita lihat prestasinya selama kontes regulernya seperti apa.” pungkas Afung. Kita tunggu prestasinya di kontes audio. (Joule)