Focal Slatefiber Sangat Cocok untuk Upgrade Audio OEM Toyota Kijang Innova Zenix, Ini Alasannya

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 11/Apr/2023 14:00 WIB
Speaker Focal Slatefiber yang cocok untuk OEM Toyota Kijang Innova Zenix. (sumber: Focal) Speaker Focal Slatefiber yang cocok untuk OEM Toyota Kijang Innova Zenix. (sumber: Focal)

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Audioworkshop selaku distributor Focal di Indonesia menghadirkan speaker 2-way dengan sejumlah inovasi untuk suara berkualitas tinggi namun harganya tetap terjangkau, yaitu Focal Slatefiber series. 

Pemakaian material karbon fiber yang didaur ulang merupakan inovasi Focal untuk Slatefiber series, karena rigid hingga menghasilkan suara berkualitas tinggi, namun harga relatif terjangkau dan itupun buatan negara asalnya, Perancis.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Namun yang terpenting dari speaker Slatefiber adalah bisa diinstalasi mengikuti OEM mobil terbaru, seperti di Toyota Kijang Innova Zenix garapan gerai modifikasi car audio Cartens Autosound.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

“Penempatan Zenix sudah oke, kualitas dasbornya bagus, penempatan tweeter-nya oke, suaranya juga oke.” buka Luciana Luciana Cahyadi, mewakili instalatur Cartens Audio kepada SoundandMachine.com di gerainya (6/4/2023).

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Slatefiber memiliki woofer berdiameter 6,5 inci dengan kedalaman 80 mm yang bisa dipasang mengikuti bentuk dudukan speaker OEM Kijang Innova Zenix, baik untuk kabin depan maupun belakang.

Sementara untuk tweeter-nya dengan berdiameter 49,4 mm dan kedalaman 24,5 mm, juga bisa dipasang mengikuti rumah tweeter OEM Kijang Innova Zenix.

Warnanya yang gelap, baik woofer maupun tweeter, membuat ubahan speakernya hampir tidak terlihat, sehingga kesan OEM-nya lebih tegas.

(sumber: Focal)

Slatefiber juga tersedia varian coaxial yang cocok untuk menggantikan speaker standar di kabin belakang, karena tidak ada rumah tweeter seperti di kabin depan, dengan diameter yang sama yaitu 6,5 inci tetapi kedalamannya 81,3 mm.

Hanya saja untuk kualitas suara lebih baik, Cartens menyarankan agar tetap memakai speaker non-coaxial, meskipun harus custom untuk dudukan tweeter-nya.

“Tempat originalnya coaxial, tapi di instalasi Zenix di Cartens gak pake coaxial untuk rear speaker. Tweeter taro diatas, sama kayak mobil premium kayak Alphard kan dinaikin ke atas. Jadi dapet feel tweeter depan dan belakang, sama-sama enak.” jelas Luci, sapaan akrab Luciana Cahyadi.

Slatefiber dengan instalasi OEM seperti ini membuat kualitas suara lebih baik, hingga terbukti membuat pelanggan Cartens Autusound puas dengan hasilnya.

“Focal yang ini masih made in France, tweeter-nya bagus, karena Slatefiber midbass-nya jadi galak, customer cukup happy dengan sistem seperti ini.” ungkap Luci.

Slatefiber bukan hanya menjadi pilihan terjangkau untuk kualitas audio jauh lebih baik, tetapi juga ramah instalasi OEM untuk mobil terbaru seperti Kijang Innova Zenix. Ada yang Berminat? (Joule)