Layaknya Mobil Berukuran Lebih Besar, Wuling Air EV ini Lakukan Upgrade Sistem Audio 3-Way

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 19/Apr/2023 14:00 WIB
Upgrade audio 3-way Wuling Air EV garapan gerai Mega Audio. Upgrade audio 3-way Wuling Air EV garapan gerai Mega Audio.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Wuling Air EV cukup menarik minat masyarakat untuk membeli mobil listrik yang relatif ramah lingkungan karena bebas emisi gas buang, diantaranya adalah para pecinta modifikasi mobil.

Baca Juga:
Instalasi Multifungsi, BestBuddyShop Upgrade Audio Toyota Land Cruiser Full Alpine F1 Status

Akhir-akhir ini Air EV menjadi salah satu bahan favorit para pecinta modifikasi mobil, mulai dari eksterior, interior, hingga car audio.

Untuk car audio, modifikasinya masih banyak yang simpel seperti ganti speaker standar tanpa bongkar doortrim, dan tambah subwoofer aktif serta sejumlah perangkat audio lainnya, salah satunya karena keterbatasan ruang kabin.

Baca Juga:
OEM-nya Unik, Speaker 2-Way Hertz K 130 Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro Mercedes 280 GE

Sampai akhirnya, ada pemilik Air EV yang berani modifikasi audio 3-way layaknya mobil berukuran lebih besar, yaitu salah satu pelanggan gerai Mega Audio di bilangan Jakarta Barat.

Baca Juga:
Kecil-Kecil Cabe Rawit, Midrange Audison AP 2 Pas untuk Suara Lebih Detail di Kabin Belakang

“Mungkin karena Air EV baru keluar,jadi kita pelajari, pertama masih banyak resiko kalau mau upgrade terlalu advanced. Seiring berjalannya waktu, ternyata cukup simpel sistemnya, untuk audio upgrade ternyata sedikit sekali konsumsi listriknya.” buka Reagan dari Mega Audio kepada SoundandMachine.com di daerah Green Garden, Jakarta Barat (29/3/2023).

Untuk sistem 3-way, Mega Audio mengandalkan speaker Focal ES 165 KX3. Soal kualitas suara jelas tidak diragukan lagi, namun berhubung Air EV, yang terpenting adalah masih mengikuti OEM.

“Kita buat dudukan khusus, karena aslinya itu bukan 6 inci, aslinya 5 inci untuk Air EV ini, tapi kita gak ada coak atau gedein bolongannya. Kita cuma nambah ring untuk dudukan speaker. Gak sampe bongkar door trim.” jelas Reagan.

Selain itu, ukuran midrange dan tweeter Focal ES 165 KX3-nya memudahkan sang instalatur untuk instalasi tanpa menjadi blindspot.

Kemudian untuk instalasi subwoofer, ini juga menjadi poin menarik karena menggunakan subwoofer pasif dengan boks custom. Pasalnya, beberapa pelanggan Mega Audio sebelumnya memilih untuk menggunakan subwoofer aktif karena keterbatasan ruang kabin.

Subwoofer yang diinstalasi adalah Audison APS 8D berukuran 8 inci tetapi slim, untuk menambah suara bas tetap fungsi bagasinya masih terjaga.

“8 inci paling cocok di Air EV, karena diameternya pas banget. Masih ada bagasi sedikit.” tambah putra pemilik gerai Mega Audio.

Sementara untuk perangkat pendukungnya, menggunakan digital sound processor (DSP) Steg MDS 10 dengan controller bass level, power Zapco, peredam CTK, kabel Flux classic series, dan head unit Alpine UTX-M06.

“Kabel RCA dibungkus semua, terus dipisah kabel power, karena banyak kelistrikan. Paling kita perhatikan kabel RCA supaya gak ada storing.” kata Reagan.

Modifikasi seperti ini menunjukkan bahwa Air EV bisa upgrade sistem audio 3-way layaknya mobil dengan berukuran lebih besar, tanpa mengganggu fungsionalitasnya sebagai mobil listrik untuk perkotaan. (Joule)