Terjangkau dan Bisa Juara Kontes Audio, Audioworkshop Jogja Andalkan DSP dan Power Amplifier Dominations

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 25/Apr/2023 08:00 WIB
Digital Sound Processor dan power amplifier di Toyota Kijang Innova garapan Audioworkshop Jogjakarta. Digital Sound Processor dan power amplifier di Toyota Kijang Innova garapan Audioworkshop Jogjakarta.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Bicara performa sistem audio dari hasil dimodifikasi, speaker dan subwoofer saja tentu tidak cukup, karena harus ada perangkat pendukung seperti digital sound processor (DSP) dan power amplifier.

Kedua perangkat tersebut bekerja mengoptimalkan performa dari speaker dan subwoofer yang telah dipasang untuk upgrade sistem audio.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Namun tidak kalah penting, budget DSP dan power amplifier juga menjadi concern, baik dalam konteks pemakaian sehari-hari maupun kontes, karena bisa mempengaruhi peluang mendapat piala.

Salah satunya pelanggan Audioworkshop Jogja, yang sudah berniat upgrade audio Toyota Kijang Innova miliknya untuk ikut kontes.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

“Mobil ini datang ke saya, yang punya pengennya untuk kontes, kelas mana yang harus kita ikutin. Akhirnya saya tentukan, ini masuk 3K Euro untuk EMMA, saya bikinin spek, install.” buka Andy Setiawan, dari Audioworkshop Jogja kepada SoundandMachine.com di JIExpo Kemayoran, Jakarta (21/2/2023).

Kijang Innova tersebut mengandalkan power amplifier dan DSP dari brand yang sama, yaitu Dominations Audio.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Power amplifier menggunakan Dominations Elite Series 4100 sebanyak 2 buah, dimana 2-channel-nya untuk mengangkat speaker 3-way, dan 2-channel lagi didedikasikan untuk subwoofer-nya.

“ES 4100 itu seri lama, kebetulan saya dealer Audioworkshop lama, punya barang seperti itu saya pasang. Sangat kapabel (untuk kontes).” ungkap Andy.

Sementara untuk DSP, menggunakan Dominations Corpous Call’O’Sum 12825 yang sudah 12-channel dan dilengkapi dengan amplifier.

Sebelumnya, mobil tersebut sudah pernah double champion di kontes Car Audio Network, dan ketika datang ke Jakarta untuk bertanding di EMMA All-Champion pada tanggal 21 Februari 2023 silam, berhasil menyabet juara Entry 3K. 

“Berhubung ini kelas low budget, karena 3K masih termasuk entry, saya menggunakan perangkat value for money, jadi apa yang dikeluarkan sesuai banget dengan kualitasnya.” pungkas Andy. Masih ragu dengan kualitas DSP dan power amplifier Dominations? (Joule)