Tanpa Ganti Speaker, DSP Audison Forza Bisa Upgrade Audio Standar Mercedes E300 Coupe

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 26/Apr/2023 14:00 WIB
Digital Sound Processor (DSP) Audison Forza AF M12.14 bit di Mercedes-Benz E300 Coupe 2019 milik pelanggan BBS with Pengepul Mobil. Digital Sound Processor (DSP) Audison Forza AF M12.14 bit di Mercedes-Benz E300 Coupe 2019 milik pelanggan BBS with Pengepul Mobil.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Baru-baru ini PT. Audioworkshop selaku distributor resmi produk car audio Audison di Indonesia, merilis digital sound processor (DSP) terbarunya, yaitu Audison Forza.

DSP tersebut memiliki fitur untuk memitigasi sistem audio OEM yang rumit seperti di mobil premium, sehingga memudahkan para instalatur untuk mendapatkan kualitas suara terbaik.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Belum lama setelah perilisan, gerai BBS with Pengepul Mobil kedapatan pelanggan yang berminat untuk memasang DSP Audison Forza AF M12.14 bit di Mercedes-Benz E300 Coupe lansiran 2019.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Menariknya, pelanggan tersebut upgrade audio tanpa ganti speaker standarnya, sehingga dari situ bisa lebih terlihat seberapa efektif DSP Forza membuat kualitas suaranya menjadi lebih baik.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

“Permintaan customernya seperti itu, untuk speaker semua standar. Kita mau maksimalkan, di pintu itu dia ada midrange, kita mau midrange-nya lebih bersih, low-nya lebih ngisi.” buka Susanto Cong, Instalatur BBS with Pengepul Mobil kepada SoundandMachine.com saat ditemui di gerai BestBuddyShop Sunter (17/4/2023).

E300 Coupe sudah memiliki speaker bawaan sebanyak 13 buah. Untuk meng-handle speaker sebanyak itu, tentunya dibutuhkan DSP yang memadai, terlebih hanya mengandalkan speaker standarnya saja.

Selain itu, terlepas dari soal apakah E300 Coupe memiliki fitur tersebut atau tidak, bisa saja audio sistem OEM mobil premium bawaan sudah dilengkapi fitur auto EQ dan time correction.

Itu berarti, dengan sistem OEM seperti ini, harus dilengkapi DSP yang bukan hanya bisa ‘menguasai’ jumlah speaker, tetapi juga fitur bawaannya, dan Forza siap mengatasi semuanya.

“Di beberapa prosesor lain tidak bisa dikoreksi dulu sebelum diolah keluar, kalau Forza semuanya bisa koreksi dulu, sampai kita setting keluar itu sudah kondisi flat.” jelas Afung, sapaan akrab Susanto Cong.

Itu berarti DSP Forza membuat upgrade audio bisa menjadi lebih efisien, dan itu sudah terbukti di mobil premium sekelas E300 Coupe dengan speaker standar. 

Meskipun tentu saja membutuhkan beberapa perangkat lain, paling tidak kabel tambahan, peredam, dan amplifier, agar suaranya lebih optimal.

”Untuk Audison Forza sudah sangat user friendly. Kualitas jangankan yang baru, (Forza) yang lamanya aja bagus.” pungkas Afung. Ada yang berminat? (Joule)