Dua Hari Jadi, Penyiar Radio Reza Chandika Upgrade Audio Hyundai Palisade untuk Mobilitas Harian

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 29/Apr/2023 08:00 WIB
Hyundai Palisade milik penyiar radio Reza Chandika yang sudah upgrade audio di Cartens Autosound. Hyundai Palisade milik penyiar radio Reza Chandika yang sudah upgrade audio di Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Salah satu jalan tercepat untuk upgrade audio adalah dengan mengganti semua speaker atau subwoofer standarnya dengan spesifikasi lebih tinggi, dan menambah peredam di bagian tertentu saja, paling tidak pintu.

Baca Juga:
Andalkan Dominations, Gerai Roda Mas Audio Raih Juara Ganda di Final Kompetisi I-CAN 2023-2024

Seperti Hyundai Palisade milik pelanggan Cartens Autosound, yang juga penyiar salah satu stasiun radio terkemuka di Indonesia, Reza Chandika, untuk menunjang mobilitasnya.

“Saya rumahnya jauh banget, salah satu hiburannya adalah dengerin lagu. Kebetulan di Cartens udah dari 2012-2013, dari mobil ibu saya sampai saya di sini pasang audionya. Itu hal pertama setelah ganti mobil, karena saya emang suka banget dengerin lagu.” buka Reza Chandika, Pemilik Hyundai Palisade kepada SoundandMachine.com di gerai Cartens Autosound, Jakarta (19/4/2023).

Baca Juga:
Alpine Rilis DSP-Amp 8-Channel dan 10-Channel Baru, Desain Lebih Mewah Fitur Tambah Melimpah

Dalam waktu sekitar 2 hari, Palisade milik Reza, yang standarnya bersistem Infinity, sudah upgrade audio berikut dengan peredam dan custom boks untuk subwoofer.

“Ini full OEM, speaker depan, speaker belakang, di pilar C juga ada speaker, subwoofer semuanya OEM placement.” kata Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound.

Baca Juga:
Andalkan Alpine Status, BestBuddyShop Sunter Juara Seri Kompetisi Car Audio Black Out Loud 2024

Untuk kabin bagian depan, semua speaker standar Palisade diganti Focal ES 165 K2 yang sudah 2-way.

Begitu juga kabin bagian belakang, semua speaker standarnya diganti Focal ES 165 K2, kecuali di pilar C yang notabene surround, menggunakan Audison AP2 NV. ‘Pas dudukannya. Focal kan gak jual komponen doang, jadi sayang.” jelas Eddie.

Selain speaker di pilar-C, subwoofer juga menggunakan produk Audison, tepatnya subwoofer pasif Audison Prima 8D. Pemasangan subwoofer tersebut membutuhkan proses custom untuk dudukannya, tetapi penempatan tetap OEM.

Sementara untuk digital sound processor (DSP) menggunakan Alpine PXE-R600 8-channel untuk mengangkat semua speaker-nya, power amplifier menggunakan Crescendo Revolution 161, dan kabel menggunakan KBS.

(sumber: Cartens)

Untuk sistem peredaman menggunakan Z3RO Solutions, tetapi hanya di pintu dan panel subwoofernya saja. “Reza maunya cepat.” tambah Eddie.

Tidak heran jika instalasi audio seperti ini membutuhkan waktu hanya 2 hari saja, dan Reza pun puas dengan hasilnya. “Puas banget, apalagi ada surround, makin kerasa. Emang lebih elevate audio yang udah ada di mobil ini.” pungkas Reza. 

Ada yang MA OO upgrade audio Palisade-nya seperti ini? (Joule)