Eksperimen Bahan Bakar Netral Karbon, Honda Andalkan Civic Type R di Ajang Balap Endurance 24 Jam

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 26/Apr/2023 10:00 WIB
Honda Civic Type R yang digunakan di ajang balap endurance 24 Jam dengan bahan bakar netral karbon. (sumber: Honda) Honda Civic Type R yang digunakan di ajang balap endurance 24 Jam dengan bahan bakar netral karbon. (sumber: Honda)

SoundandMachine.com (Jepang) - Ajang balap endurance Super Taikyu semakin dilirik pabrikan otomotif Jepang ternama, untuk eksperimen bahan bakar netral karbon di mesin pembakaran dalam.

Setelah Toyota, Subaru, dan Mazda, kali ini giliran Honda dengan Civic Type R terbaru yang menggunakan bahan bakar netral karbon, melalui divisi Honda Racing Co., Ltd. (HRC).

Baca Juga:
Hyundai Kerahkan Puluhan Unit Ioniq 5 dan Ioniq 6 Sukseskan World Water Forum 2024

“Melalui partisipasi dalam seri Super Taikyu, HRC akan mengembangkan kendaraan dan komponen untuk balapan, agar banyak pelanggan yang dapat menikmati balapan.” buka Koji Watanabe, President and CEO of HRC dalam keterangan resminya (17/4/2023).

Untuk saat ini, belum diketahui spesifikasi Civic Type R yang akan mengikuti ajang balap Super Taikyu di kelas ST-Q atau kelas khusus kendaraan eksperimen.

Baca Juga:
Terinspirasi Kebutuhan Pehobi Modifikasi, HSR Luncurkan Velg Baru Bergaya Racing dan Retro

Begitu juga detail mengenai bahan bakar netral karbon yang akan digunakan untuk berlaga di seri kedua Super Taikyu, pada tanggal 27-28 Mei 2023 mendatang di Fuji Speedway, Jepang.

Baca Juga:
Wuling Motors Umumkan Harga Resmi Mobil Listrik Cloud EV, Dijual Tidak Sampai Rp 400 Juta

(sumber: Honda)

Honda sedang melakukan ujicoba Civic Type R dengan bahan bakar netral karbon, untuk persiapan menghadapi seri kedua ajang balap endurance Super Taikyu, yang akan diadakan selama 24 jam.

Pembalap Super GT Hideki Mutoh, Takuya Izawa, dan Hiroki Otsu telah dikonfirmasi akan berlaga dengan mobil balap eksperimen tersebut secara bergiliran, sementara 1 pembalap lagi masih tentatif.

“Kami berharap dapat berkontribusi pada realisasi netralitas karbon melalui tujuan aktivitas motorsport dan komersialisasi merek HRC di masa depan." pungkas Watanabe. (Joule)