Toyota Astra Motor Tanggapi Isu Manipulasi Hasil Crash Test Vios dan Agya Terbaru Produksi Daihatsu

  • Oleh : redaksi

Selasa, 02/Mei/2023 11:00 WIB
All-New Agya, lini Toyota buatan Daihatsu yang terkena isu manipulasi bodi untuk hasil crash test. All-New Agya, lini Toyota buatan Daihatsu yang terkena isu manipulasi bodi untuk hasil crash test.

SoundandMachine.com (Jepang) - Daihatsu Motor Co., Ltd. (Daihatsu) membuat pengakuan bahwa lini dengan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) telah dimanipulasi demi hasil crash test.

Lini tersebut melibatkan produk yang dijual dengan merek Toyota, yaitu Yaris Ativ atau All-New Vios untuk pasar Indonesia, dan juga All-New Agya.

Baca Juga:
Satu Lagi Merek Mobil Listrik Asal Tiongkok, Aion Y Plus Tawarkan Sejumlah Keunggulan yang Beda

Namun pelanggan kedua mobil tersebut tidak perlu khawatir, karena untuk unit yang dipasarkan ke Indonesia dipastikan aman dari isu tersebut, dan itu sudah dikonfirmasi oleh PT. Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek.

“Sejauh kami berkoordinasi dengan principal karena hal ini terkait sertifikasi, maka unit yang dipasarkan di Indonesia tidak terlibat.” buka Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. TAM kepada SoundandMachine.com melalui WhatsApp (2/5/2023).

Baca Juga:
Tambah Lagi Merek Mobil Baru Asal Tiongkok, Zeekr Siap Bawa Mobil Listrik Premium di Indonesia

Pihak TAM menambahkan, unit Toyota buatan Daihatsu yang masuk pasar Indonesia dipastikan sudah mendapat izin dipasarkan oleh pemerintah Indonesia, sehingga aman dari isu tersebut.

Baca Juga:
Sukses Gelar Alpine Day, Ini Dia Produk Terbaru Alpine yang Jadi Favorit Pelanggan CAS Audio

(sumber: Toyota)

Artinya, pelanggan tidak perlu khawatir dengan lini yang sudah dimilikinya tersebut, terutama Yaris Ativ atau All-New Vios yang mulai diproduksi pada bulan Agustus 2022 silam dI Thailand, kemudian diekspor ke Indonesia dan diluncurkan pada bulan Oktober 2022 silam. 

Sementara itu untuk All-New Agya, yang diluncurkan di Indonesia pada Maret 2023 silam, disebutkan bahwa unit terdampak manipulasi tersebut untuk produksi dari Juni 2023 mendatang.

All-New Agya yang terdampak manipulasi tersebut merupakan produksi pabrik Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat, tetapi untuk diekspor ke Ekuador.

“Untuk domestik Indonesia khususnya terkait unit-unit yang diinformasikan bersama dengan model lain, kami di TAM pastikan sudah dihomologasi untuk dapat izin dipasarkan oleh pemerintah Indonesia.” pungkas Anton.

Jadi, bagi kawan SoundandMachine yang sudah punya All-New Vios dan Agya, jangan khawatir ya. (Joule)