Upgrade Bass Bikin Bagasi Tetap Luas, Subwoofer Tabung Alpine SWT-S10 Bisa Dikonversi Jadi Boks Custom

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 04/Mei/2023 14:00 WIB
Toyota Kijang Innova `reborn` garapan gerai audio BBS with Pengepul Mobil dengan subwoofer tabung Alpine SWT-S10 yang dikonversi ke boks custom. Toyota Kijang Innova `reborn` garapan gerai audio BBS with Pengepul Mobil dengan subwoofer tabung Alpine SWT-S10 yang dikonversi ke boks custom.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Alpine memiliki produk yang lebih praktis untuk membuat suara bass lebih baik, yaitu Alpine SWT-S10. SWT-S10 merupakan subwoofer yang sudah dengan boks tabung dari pabriknya, sehingga secara teknis tinggal pasang saja.

Namun apabila dirasa terlalu memakan banyak ruang bagasi, pelanggan bisa instalasi subwoofer SWT-S10-nya saja, sementara boksnya dicustom lagi agar tidak memakan banyak ruang bagasi.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Gerai BBS with Pengepul Mobil sudah memasang subwoofer SWT-S10 tanpa boks tabung bawaan, di mobil Toyota Kijang Innova ‘reborn’ milik pelanggannya.

“Karena space bagasinya tidak mau makan terlalu banyak. Tabungnya tidak kita pakai, kita ambil subwoofernya saja, abis itu custom ulang, bikin boks di sudut supaya lebih compact.” buka Susanto Cong, Instalatur BBS with Pengepul Mobil kepada SoundandMachine.com di gerainya (11/3/2023).

Baca Juga:
Punya Daya Tahan Lebih, Power Amplifier Hertz HMP 4D Jadi Andalan Upgrade Audio High End

(sumber: Alpine)

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

Sekedar informasi, boks tabung subwoofer SWT-S10 berdimensi 285 x 600 mm yang bisa dibilang cukup memakan banyak ruang bagasi, akan tetapi diameternya 10 inci sehingga termasuk compact.

Dengan ukuran 10 inci, SWT-S10 memiliki frequency response 35-200 Hz, 250 Watt RMS power, dan peak power 1.200 watt. “Dari pengalaman saya untuk Innova ‘reborn’, kalau gak main SPL, 10 inci itu udah lebih dari cukup.” jelas Afung, sapaan akrab Susanto Cong.

SWT-S10 juga tidak dilengkapi komponen amplifier, sehingga bukan subwoofer aktif. Artinya secara prinsip, SWT-S10 merupakan subwoofer pasif, ditambah boks berbentuk tabung oleh pabriknya tanpa komponen lain.

Meski tanpa tabung, SWT-S10 bisa membuat suara bass lebih baik, bahkan jika dibandingkan dengan tabung dari bawaannya. “Ini dibikin fix supaya suaranya lebih bagus lagi daripada pakai tabungnya.” tambah Afung.

Subwoofer dengan custom boks tersebut dipasang di bagian kanan bagasi, untuk menjaga fungsi penempatan dongkrak yang berada di bagian kiri bagasi. (Joule)