Saling Mendukung Satu Sama Lain, Tiga Komunitas Mobil Lawas Ini Adakan Halal Bi Halal Bareng

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 07/Mei/2023 18:00 WIB
Suasana Halal bi Halal bareng (Halbar) yang diadakan oleh wadah pecinta mobil lawas Retroforia bersama komunitas Old School Indonesia dan Klasik Retro. Suasana Halal bi Halal bareng (Halbar) yang diadakan oleh wadah pecinta mobil lawas Retroforia bersama komunitas Old School Indonesia dan Klasik Retro.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Di Indonesia animo mobil lawas bisa dibilang tinggi, dan itu terlihat dari bertambahnya wadah atau komunitas yang mengumpulkan para pemiliknya sejak pandemi Covid-19 mulai mereda. 

Di Jakarta sebut saja setelah Klasik Retro, muncul Retroforia, dan Oldschool Indonesia. Sepintas terlihat berkubu, namun ternyata mereka saling mendukung satu sama lain sebagai pihak yang sama-sama mengumpulkan para pemilik mobil lawas.

Baca Juga:
Kembali Digelar di Mitra Terrace, Meet-Up Morning Drivers Club Diramaikan Sejumlah Mobil Ikonik

Baru-baru ini wadah Retroforia, mengajak komunitas Old School Indonesia dan Klasik Retro mengadakan Halal Bi Halal bareng (Halbar) para pemilik mobil lawas di Ranch Market Pondok Indah, tepatnya pada tanggal 6 Mei 2023.

Baca Juga:
Berawal dari Konten di Medsos, We The Fun Ajak Kopdar Pemilik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

“Acara ini sebenarnya karena kemarin waktu puasa, kita skip bikin buka puasa bareng, karena udah banyak kan yang bikin. Sampai akhirnya, puasa mau habis, kita bikin halal bi halal aja. Kita suka kumpul bareng, bikin aja. Intinya cuma silaturahmi setelah Idul Fitri” buka Bengky dari Retroforia selaku inisiator kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (6/5/2023).

 

Baca Juga:
Diikuti Dua Pabrikan Mobil, Indonesia Electric Motor Show 2023 Fokus Riset untuk Masa Depan

Ketika mengadakan Halbar, masing-masing pihak mengerahkan kelebihannya, mulai dari Retroforia yang mengerahkan massa para pemilik mobil lawas.

Akhir-akhir ini Retroforia dilirik penyelenggara event otomotif, salah satunya Motomobi News yang mengadakan karnaval otomotif pada tanggal 29-30 April 2023 silam.

“Klasik Retro senior kita, biar berkesinambungan. Misalnya melt kan jadi lebih guyub. Apalagi di bawah kita sekarang ada, adik-adik kita yang SMA, kuliah, mainnya mobil gitu dan dateng.” jelas Bengky.

Kemudian Old School Indonesia, meskipun baru berdiri sekitar 2 tahun, sudah memiliki jam terbang yang cukup tinggi dalam mengadakan event meet-up mobil lawas.

“Dari pihak Retroforia mengajak Old School Indonesia awalnya kolaborasi bikin acara halal bi halal, sekalian meminta dukungan untuk kerja bareng bikin halal bi halal ini, dan kita minta izin pihak dari ‘tuan rumah’ Klasik Retro untuk perizinan tempatnya di sini.” jelas Indra dari Old School Indonesia.

Berikutnya Klasik Retro, sebagai ‘tuan rumah’ venue karena biasa mengadakan acara meet-up mobil lawas di Ranch Market Pondok Indah. 

Bagi Klasik Retro, halbar seperti ini menghidupkan suasana meet-up di Ranch Market Pondok Indah, yang akhir-akhir ini kian meredup. 

“Klasik Retro udah tua-tua semua, gak punya tim yang muda-muda. Gak ada salahnya supaya ramai kita kolaborasi. Intinya kolaborasi lebih baik dari sendiri.” jelas Andi dari Klasik Retro.

Halbar ini pun juga mendapat dukungan dari komunitas atau wadah pecinta mobil lawas lainnya, yaitu Group Otomotif 1990, Euro Retro Enthusiast, Anak Muda Pecinta Mobil Klasik, dan Datsun Jakarta, serta workshop L.A Custom.

Selain kumpul, halbar tersebut juga ada rangkaian acara seperti games berhadiah.

Adanya halbar seperti ini bisa dibilang menunjukkan bahwa masih ada peluang untuk bersatu apabila komunitas atau wadah yang terus bertambah, dan jatuhnya menjadi sebuah koalisi. (Joule)