Sistem Semakin Terintegrasi, Head Unit Alpine Ini Jadi Solusi Praktis Upgrade Audio di Mobil Baru

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 10/Mei/2023 16:00 WIB
Head unit Alpine untuk upgrade audio Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Head unit Alpine untuk upgrade audio Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Pabrikan otomotif secara konsisten mengembangkan teknologi untuk diaplikasikan ke lini produknya, agar mengikuti perkembangan zaman atau semacam pondasi untuk beberapa tahun ke depan.

Perkembangan teknologi tersebut seakan memperkecil ruang untuk upgrade car audio, terutama head unit di mobil keluaran terbaru yang dibuat terintegrasi dengan berbagai sistem, sehingga para instalatur tidak merekomendasikan untuk ganti.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Padahal head unit termasuk penting untuk meningkatkan kualitas suara, karena perannya sebagai unit yang mengontrol semua perangkat audio.

Namun bukan berarti jadi tidak ada ruang sama sekali, dan oleh karena itulah Alpine memiliki banyak produk head unit untuk menjawab tantangan upgrade audio mobil keluaran terbaru yang tidak bisa diganti.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

“Alpine membaca ini sebagai peluang bisnis, dibuatlah unit tambahan. Pakai head unit original untuk display navigasi, radio, telepon.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop kepada SoundandMachine.com dalam konferensi pers (28/6/2021).

Alhasil, head unit Alpine jadi favorit para instalatur untuk upgrade car audio mobil keluaran terbaru yang sudah serba terintegrasi tersebut. Pasalnya, head unit tersebut sifatnya bukan mengganti standarnya, tetapi menambahkan.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Gerai Cartens Audio misalnya, yang memilih Alpine sebagai head unit untuk upgrade audio Kijang Innova Zenix Hybrid.

“Untuk Innova Zenix ini, head unit gak bisa ganti, setelah kita cek ada setingan radar (Toyota Safety Sense), alarm, ada 360-nya.” kata Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Audio.

Gerai Mega Audio juga termasuk yang sering memasang head unit Alpine di mobil keluaran terbaru milik pelanggannya.

Selain bisa pasang tanpa menggantikan standarnya, head unit Alpine juga sudah memiliki resolusi audio tinggi, sehingga turut andil meningkatkan kualitas suara.

Tak ketinggalan, berhubung kebanyakan head unit Alpine berdimensi mungil sehingga pemasangannya bisa lebih fleksibel.

“Dari produknya sendiri memang diperhatikan banget kualitas, desain, dan jam terbangnya sudah lama sekali. Kalau ada itu (head unit Alpine) suara bisa lebih bagus, tanpa ganti head unit standar.” jelas Johny Chandra dari Mega Audio.

Alpine sudah memiliki banyak produk head unit untuk car audio tanpa mengganti standarnya, dengan beragam varian yang bisa menyesuaikan antara kualitas dan budget masing-masing pelanggan.

Berdasarkan hasil peliputan tim soundandmachine.com, setidaknya head unit Alpine yang menjadi banyak pilihan para instalatur untuk upgrade audio mobil pelanggannya antara UTX-A09, UTX-M06, UTX-M08S, dan HDS-990 sebagai produk kedua termahal. (Joule)