Antusiasnya Tinggi, Meet-up Halal bi Halal 2023 Euro Retro Entusiast Dihadiri Ratusan Mobil

  • Oleh : Julfikri

Senin, 15/Mei/2023 20:00 WIB
Meet-up halal bi halal 2023 Euro Retro Enthusiast di Cibis Park, Jakarta. Meet-up halal bi halal 2023 Euro Retro Enthusiast di Cibis Park, Jakarta.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Komunitas pecinta mobil retro Eropa Euro Retro Enthusiast kembali mengadakan meet-up halal bi halal pada tanggal 14 Mei 2023 di Cibis Park, Jakarta Selatan.

Dari meet-up tersebut bisa dibilang menunjukkan seberapa tinggi antusiasme mobil retro Eropa masih tergolong tinggi terutama untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga:
Apresiasi Mobil Keluaran Lama, Wadah Otomotif Eurohauz Ajak Run dan Sarapan Bersama

“Antusiasmenya lebih banyak dari sebelumnya (buka puasa bersama), lebih saling kenal lagi, dengan setiap member komunitas dan klub yang datang lebih kenal dan lebih akrab lagi.” buka Edwin, Founder Euro Retro Enthusiast kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (14/5/2023).

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru

Setidaknya mobil retro Eropa yang hadir di meet-up ada sekitar 150 unit mobil dengan merek, model, hingga tahun pembuatan yang berbeda. Begitu juga kondisinya ada yang standar untuk mempertahankan orisinalitasnya, dan modifikasi menyesuaikan selera pemilik.

Baca Juga:
JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

“Membangun, jadi motivasi teman-teman baik membangun original dan secara custom. Dari dua aliran ini teman-teman yang tidak suka pun jadi tertarik. Ikutan juga untuk membangun. Jadi mobil tua itu semakin banyak yang muncul, cuma hari-hari tertentu.” jelas Edwin.

Edwin menambahkan, bengkel spesialis mobil retro Eropa yang kian menjamur di Indonesia membuat peminat mobil tersebut semakin banyak.

Artinya, mobil retro Eropa dari segi servis dan sparepart akan relatif aman, berbeda dengan di zaman mobil tersebut masih baru, dimana problematika seperti rewel serta sparepart mahal dan sulit didapat kerap menghantui.

“Sekarang mekanik kita di brand masing-masing semakin banyak yang pintar, kerusakan yang dibenerin mereka jadi bagus lagi. Makanya sekarang peminatnya banyak karena itu, bengkelnya banyak, sparepart bisa dibenerin yang sifatnya dibenerin, mau (parts) barupun ada, karena banyak peminatnya, keluar lagi sparepart baru dari pabrik.” jelas Edwin.

Kembali ke meet-up halal bi halal, bukan hanya mobil retro Eropa yang merupakan keluaran dealer resmi di zamannya, tetapi juga mobil langka dan mungkin bukan keluaran agen pemegang merek.

Sebut saja BMW Seri 3 E30 2 pintu, Mercedes C124 atau Tiger Coupe, BMW Seri 3 E30 Convertible, BMW Seri 5 E34 wagon, dan sebagainya.

Dilihat dari banyaknya mobil yang hadir di meet-up halal bi halal Euro Retro Enthusiast, bisa dibilang animo mobil retro Eropa masih tinggi, terutama untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Yang bulan puasa gak sebanyak ini, tapi yang ini fantastis.” pungkas Edwin. Luar biasa. (Joule)