50 Pelaku Industri Kendaraan Listrik Ramaikan Periklindo Electric Vehicle Show 2023

  • Oleh : anto

Rabu, 17/Mei/2023 12:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) kembali bergulir di tahun keduanya yang dilangsungkan mulai 17 – 27 Mei 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Tercatat sebanyak 50 pelaku industri kendaraan listrik turut meramaikan gelaran tahunan ini. “PEVS dapat respon positif, baik dari masyarakat maupun dari berbagai instansi pemerintah,” jelas Adi Damarwulan Darmadi, Direktur PT. Dyandra Promosindo selaku penyelenggara.
 
Hal ini disampaikannya pada sambutan pembukaan PEVS 2023. Disebutnya, lebih dari 50 pelaku industi kendaraan listrik turut berpartisipasi.
 
Pada kesempatan yang sama, Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P. selaku Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) memberikan pandangan masa depan kendaraan listrik di Indonesia.
 
“Indonesia sebagai sumber material baterai yang terbesar. Di Asean, Indonesia bersama Malaysia, Singapore, Philipines dan Thailand sepakat mengembangkan baterai listrik untuk kedepan,” ungkapnya.  
 
Disebutnya, akan dilanjutkan aksi nyata untuk pengembangan dan penelitian. “Ini bukti Indonesia jadi faktor leverage berkembangnya electric vehicle (EV),” tambah pria yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia ini.  
 
“Saya berharap semua insan yang terkait EV, jangan ragu, EV adalah mobil masa depan untuk kepentingan dunia yang makin bersih,” yakinnya.  
 
Moeldoko mengungkapkan, bahwa Indonesia tengah menikmati perkembangan mobil EV saat ini. “APBN kita besar untuk subsidi BBM, kalo masyarakat sudah beralih (ke EV), saya yakin akan ada perkembangan di industri lain karena APBN juga akan beralih,” ungkapnya.
 
Sembari berharap insentif untuk EV nantinya juga bisa dapat berjalan. PEVS 2023 diikuti beberapa agen pemegang merek (APM) yang menjual mobil listrik.  
 
Diantaranya Hyundai, DFSK, Wuling dan MG serta beberapa importir EV. Pelaku industri EV lainnya dari segmen roda dua juga turut berpartisipasi, ditambah dari kalangan industri pendukung EV.
 
Siap-siap bakal lebih banyak EV yang meramaikan jalanan Indonesia. (anto)

Baca Juga:
Test Drive Toyota Kijang Innova Zenix: Pakai Platform Baru, Kenyamanan Meningkat Signifikan