Hanya Dijual 911 Set di Seluruh Dunia, Speaker Limited Edition Focal P60 Porsche Hadir di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 21/Mei/2023 12:00 WIB
Speaker limited edition Focal Inside P60 yang dirancang khusus mobil Porsche terbaru. Speaker limited edition Focal Inside P60 yang dirancang khusus mobil Porsche terbaru.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Audioworkshop selaku distributor produk Focal, telah resmi meluncurkan produk car audio edisi terbatas Focal Inside P60, yang ditujukan untuk mobil Porsche keluaran terbaru.

Diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2023 di Holiday Inn & Suites, Gajah Mada, Jakarta, Focal Inside P60 bukan sekedar membuat suara car audio menjadi lebih baik, tetapi juga disuguhkan sejumlah elemen. 

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Sekedar informasi tambahan, Focal Inside merupakan lini yang benar-benar dirancang mengacu pada OEM mobilnya, sehingga instalasinya sangat memungkinkan untuk plug and play, terutama speaker.

“Ini merupakan yang spesial untuk Focal Inside, karena kami membutuhkan flagship. Kenapa Porsche? Karena tahun ini mobil Porsche 911 menginjakkan usianya yang ke-60.” buka Yann Canoine, Business Development for Focal Inside lini Focal-JMLab kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (20/5/2023).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Komponen Focal Inside P60 terdiri dari 2 woofer, 3 midrange, dan sepasang tweeter. Speakernya sudah mengusung struktur W-Cone dan tweeter-nya sudah Beryllium. 

“ Speakernya spacer aluminium dan W-Cone seperti Focal Utopia. Tweeter-nya Beryllium tapi bukan yang biasanya (Focal Be).” tambah Yann.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Komponen tersebut benar-benar dirancang plug and play di Porsche 911 keluaran terbaru yaitu seri 992, akan tetapi untuk front staging-nya saja.

Selain 911, P60 juga bisa dipasang di Porsche lain seperti Panamera, Taycan, dan Cayenne. Untuk Panamera keluaran terbaru dengan safe close door option, dibutuhkan spacer agar bisa terpasang dengan baik.

Salah satu poin paling menarik dari Focal P60 adalah packaging-nya yang sangat mind blowing dalam arti, sama sekali tidak terpikirkan oleh produsen car audio lain.

Packaging model kopernya begitu serasi dengan mobil Porsche-nya, baik dari segi tampilan maupun dimensi yang dirancang mengacu pada bagasi Porsche 911. Dengan mengeluarkan semua barangnya, packaging tersebut bisa difungsikan sebagai koper.

Setiap set Focal Inside P60 dilengkapi nomor seri yang berbeda dar 1 hingga 911 berdasarkan jumlah unit produksinya, dan setiap unitnya dibanderol dengan harga Rp. 99.991.111,-.

Dengan demikian, Focal Inside P60 sangat pantas menjadi barang limited edition, atau mungkin collector item bagi para penggemar Porsche. 7 dari 911 set diantaranya sudah laku di Indonesia, dan 1 set sudah terpasang di mobil 911 992 

“Karena kita ada 992 yang penjualannya lumayan. Di dunia 911 set, 600 set sudah terjual. Saya tanya (ke Focal) masih kebagian kalau kita order, belum tahu.” pungkas Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop. Benar-benar eksklusif yak. (Joule)