DSP Alpine Status Jadi Pilihan Fleksibel untuk Upgrade Audio High End. Begini Sistemnya

  • Oleh : Julfikri

Senin, 08/Mei/2023 14:00 WIB
DSP Alpine Status di Toyota Camry garapan gerai BBS with Pengepul Mobil, DSP Alpine Status di Toyota Camry garapan gerai BBS with Pengepul Mobil,

SoundandMachine.com (Jakarta) - Alpine F#1 Status merupakan perangkat audio system dengan resolusi playback tertinggi di dunia, yaitu 384 kHz/32 bit, dengan Master Clock Management System di digital signal processor (DSP) untuk mengatasi jitter atau semacam lag. Kualitas suara jelas tidak diragukan lagi, namun master clock management system tersebut membuat instalasi head unit harus dipasangkan dengan digital signal processor (DSP) bawaan, sehingga tidak fleksibel.

Sampai akhirnya, Alpine merilis Alpine Status yang resolusinya lebih rendah dari Alpine F#1 Status yaitu 192 kHz/24 bit. Kualitas suara tentu tidak sebaik Alpine F#1 Status, tetapi instalasinya bisa jauh lebih fleksibel dari Alpine F#1 Status, terutama DSP-nya.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Jika Alpine F#1 Status DSP harus terhubung dengan head unit, tidak demikian dengan Alpine Status dengan kode HDP-D90, dan itu sudah dibuktikan oleh gerai BBS with Pengepul Mobil di Toyota Camry milik pelanggan.

“Pada saat itu Alpine Status baru launching, orangnya tertarik, pengen pasang ya kita pasangin.” buka Susanto Cong, Instalatur BBS with Pengepul Mobil kepada SoundandMachine.com saat ditemui di gerai BestBuddyShop Sunter (17/5/2023). 

Baca Juga:
Punya Daya Tahan Lebih, Power Amplifier Hertz HMP 4D Jadi Andalan Upgrade Audio High End

Alpine Status tersebut dihubungkan ke audio system 3-way yang sudah high end, dan menariknya dengan speaker buatan salah satu produsen pembuat teknologi DSP. 

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

Meski produsen speaker tersebut memiliki produk DSP high-end, pelanggan lebih memilih Alpine Status untuk performa audio system 3-way high end-nya.

“Toh DSP Alpine Status itu bagus banget, dia hitungannya masuk ke DSP-Amp 14-channel processor berikut amplifier 10-channel.” kata Afung, sapaan akrab Susanto Cong.

Head unit yang digunakan di Camry tersebut juga bukan dari Alpine Status, tetapi bisa dihubungkan ke DSP HDP-D90 untuk upgrade audio high end, dan tentunya sudah memiliki resolusi tinggi. 

Kelebihan DSP seperti inilah yang membuat Alpine Status sangat layak menjadi alternatif dari Alpine F#1 Status. (Joule)