PEVS 2023 Jadi Ajang Pamer Teknologi Sekaligus Unjuk Referensi Modifikasi Mobil Listrik

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 27/Mei/2023 18:00 WIB
Mobil listrik modifikasi di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023. Mobil listrik modifikasi di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Perhelatan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang diadakan pada tanggal 17-21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta, turut menghadirkan referensi modifikasi mobil listrik, selain ajang pamer teknologi dan penjualan.

Referensi modifikasi tersebut dihadirkan oleh berbagai pihak, yaitu agen pemegang merek (APM), penyelenggara event, dan pelaku industri aftermarket.

Baca Juga:
Mobil Listrik Terbaru BYD Jenis MPV Tujuh Penumpang Siap Meluncur di GIIAS 2024

Mulai dari APM, Wuling Motors menghadirkan Air EV yang dimodifikasi untuk kepolisian dan pemadam kebakaran. 

Baca Juga:
Spek Lebih Kompetitif, YouTuber Off-road Jejelogy Siap Tempur di Ajang Reli AXCR 2024

“Kami turut memajang Air EV untuk penggunaan sebagai mobil polisi dan mobil pemadam kebakaran. Ini membuktikan bahwa mobil listrik berukuran kompak sangat praktis dapat dikustomisasi untuk berbagai macam kebutuhan.” buka Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors kepada SoundandMachine.com di lokasi pameran (17/5/2023).

Kedua Air EV tersebut bisa dikatakan berbasis tipe short range atau paling rendahnya, karena tidak ada layar multimedia, rem parkir manual, dan jok dari bahan fabric.

Baca Juga:
GIIAS 2024: Hadirkan DNA 4x4 yang Melegenda, Suzuki Akan Boyong Kendaraan Listrik Konsep eVX

Air EV tersebut dimodifikasi untuk menyesuaikan standar kendaraan masing-masing instansi, seperti livery, lampu rotator, sirine, dan radio panggil.

Selain itu untuk Air EV yang menjadi mobil pemadam kebakaran, tidak ada jok belakang karena harus membawa perlengkapan pemadam api, sementara Air EV mobil polisi masih ada.

Kemudian untuk penyelenggara event, Indonesia Auto Modified (IAM) mengisi acara PEVS 2023, dengan mengadakan EV Fest sebagai sub-event, namun hanya display mobil listrik modifikasinya saja, tanpa ada penilaian seperti acara kontesnya.

Mobil listrik modifikasi yang hadir antara lain 2 unit Wuling Air EV, 1 unit Tesla Model 3, dan 1 unit Suzuki CV-1 custom dengan motor listrik.

“Kita diundang Dyandra untuk bikin acara modifikasi mobil listrik, tapi ini show-off aja, gak dijuriin. Sebenarnya bisa lebih banyak, mau nambah mobil cuma trouble. Satunya Ioniq.” kata Husna Sugiana dari IAM.

Terakhir untuk pelaku industri aftermarket, Venom turut menghadirkan Wuling Air EV yang modifikasinya bukan hanya eksterior seperti livery dan pelek HSR, tetapi juga interior dan tentunya car audio.

Untuk interior, joknya sudah dimodifikasi dan juga sudah menggunakan karpet tambahan. Sementara audionya OEM Style dalam arti hanya ganti speaker dan tambah subwoofer aktif, sehingga modifikasinya tidak begitu tampak.

“Kita ada produk plug and play-nya. Jika dilihat Air EV baru launching dan lagi diminati banyak orang.” kata Cindy dari Venom Audio.

Jadi seperti inilah referensi modifikasi mobil listrik yang ada di PEVS 2023. Bagaimana menurut kawan SoundandMachine? (Joule)