Vakum Dua Tahun Lebih Karena Pandemi, Peranti Car Audio Sony Kembali Hadir di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 31/Mei/2023 08:00 WIB
Car audio Sony kembali hadir di Indonesia membidik segmen premium, setelah vakum lebih dari 2 tahun karena pandemi. Car audio Sony kembali hadir di Indonesia membidik segmen premium, setelah vakum lebih dari 2 tahun karena pandemi.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Setelah 2 tahun lebih vakum karena pandemi Covid-19, brand car audio dari pabrikan raksasa elektronik asal Jepang Sony, telah resmi kembali hadir di Indonesia pada tanggal 30 Mei 2023.

Baca Juga:
Hadirkan Fitur Kekinian, Nakamichi Luncurkan Head Unit Android NA3102i Legend Pro Mk II Series

Lini car audio Sony masih dipegang oleh PT. Berkat Audio Perkasa Jaya (BAPJ) selaku distributor resmi, seperti sejak tahun 1999, dan peluncurannya diadakan di kantornya yang berada di daerah Jakarta Pusat.

“Kami mohon maaf kepada para penggemar car audio di Indonesia dimana kami sempat vakum 2 tahun lebih, dimana kita punya masalah di SNI. Pejabat SNI harus ke pabriknya di Bangkok, mereka tidak diizinkan untuk berangkat dan di sana tidak bisa terima karena Covid, pada akhirnya kita tidak bisa apa-apa.” buka Akiong, Sales Director PT. BAPJ kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (30/5/2023).

Car audio Sony kembali hadir di Indonesia, membidik segmen premium dengan meluncurkan lini Sony Mobile Elevated Standard (ES), yang terdiri dari speaker, subwoofer, head unit, dan amplifier.

“Indonesia adalah salah satu market yang terbesar untuk pembelian mobil baru, dan kami ingin menjadikan Indonesia sebagai prioritas kami dalam mengembangkan bisnis car audio ini.” kata Motoya Itako, Automotive Business Division Deputy General Manager of Sony Corporation.

Dalam pembuatan car audio, Sony mengerahkan keahliannya dalam menghadirkan teknologi mutakhir, tepatnya high resolution audio termasuk wireless.

Salah satu hal menarik dari lini Mobile ES Sony adalah head unit berbentuk layar multimedia yang sudah dilengkapi digital sound processor (DSP) dengan resolusi audio 192 kHz / 24 bit.

“Teknisi Sony begitu serius mendevelop ini, salah satunya dengan mengoptimalkan komponen yang kita pilih, dari engineer Sony.” jelas Ali Ichsan, Product Marketing Manager of PT. Sony Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Sony juga turut menghadirkan mobil demo, yang digarap oleh salah satu instalatur car audio terkemuka, yaitu Cartens Autosound di Toyota Fortuner 2.8 GR Sport dengan sistem 2-way Mobile ES.

“Tingkat kerumitan seperti biasa saja, cuma bagaimana kita memaksimalkan sebuah produk Sony ES, kita mendapatkan hasil terbaik dari head unit, speaker, subwoofer, dan amplifier, kita harus menerapkan instalasi yang bagus.” ujar Eddie Soesanto. Instalatur Cartens Autosound.

Untuk harga, merujuk dari akun Tokopedia Cartens Autosound, head unit dibanderol Rp. 23 juta, speaker dibanderol Rp. 7,3 juta untuk coaxial dan Rp. 8,125 juta untuk non-coaxial, subwoofer dibanderol Rp. 5,375 juta, dan power amplifier dibanderol Rp. 17 juta. (Joule)