Langsung Diekspor ke Berbagai Negara, Toyota Resmi Memulai Produksi Yaris Cross di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 13/Jun/2023 20:00 WIB
Toyota Yaris Cross pasar Indonesia resmi diproduksi lokal oleh pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), dan langsung diekspor. Toyota Yaris Cross pasar Indonesia resmi diproduksi lokal oleh pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), dan langsung diekspor.

SoundandMachine.com (Karawang) - PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah resmi memulai produksi SUV kompak 5-penumpang Toyota Yaris Cross pada tanggal 13 Juni 2023, setelah tampil perdana pada tanggal 15 Mei 2023.

Tersedia varian hybrid, Yaris Cross menjadi lini kedua elektrifikasi Toyota produksi pabrik TMMIN yang berada di daerah Karawang, Jawa Barat, setelah Toyota Kijang Innova Zenix.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

“Kami merasa kendaraan yang diluncurkan produksi perdananya hari ini memiliki potensi untuk mempercepat pengembangan ekosistem elektrifikasi dan secara signifikan mengurangi emisi karbon.” buka Hao Quoc Tien, Deputy Chief Executive Officer of Asia Region for Toyota Motor Corporation kepada SoundandMachine.com di pabrik TMMIN, Jawa Barat (13/6/2023).

Baca Juga:
Animo Semakin Tinggi, JDM Funday 2024 Siap Meriahkan Sirkuit Mandalika dan Pariwisata NTB

Yaris Cross dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) tersebut didukung oleh lebih dari 100 perusahaan lokal lapis pertama, local purchase ratio mencapai 80 persen, dan local component mencapai 90 persen.

Dengan kandungan lokal sebesar ini, Yaris Cross siap dipasarkan ke Indonesia dengan rentang harga mulai dari  Rp. 351 juta hingga Rp. 449,5 juta.

Baca Juga:
Ada Lagu Baru di Tahun 2024, Car Audio Network Kembali Gelar Training Regulasi dan Penjurian

Bersamaan dengan peluncuran produksinya, TMMIN juga langsung mengekspor Yaris Cross ke lebih dari 25 negara di Asia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan dengan proporsi sekitar 60 persen dari total volume produksi.

“Kami meminta pemerintah untuk terus mendukung semua teknologi elektrifikasi saat ini agar kami dapat terus memproduksi dan mengekspor lebih banyak kendaraan dari Indonesia ke dunia.” ungkap Hao.

Peluncuran produksi lokal dan ekspor Yaris Cross disambut baik oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia (Menperin RI) Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Selama lebih dari 50 tahun, kontribusi Toyota Indonesia telah menghasilkan pendapatan devisa negara cukup tinggi. Berkaitan dengan Yaris Cross, ini investasi kendaraan elektrifikasi sekitar Rp. 2,5 triliun. Tentu kami mengharapkan model elektrifikasi produksi lokal kedua TMMIN akan memperoleh kesuksesan sebagaimana saudaranya, Kijang Innova Zenix.” pungkas Agus Gumiwang Kartasasmita, Menperin RI. Selamat! (Joule)