Hyundai Gandeng Institut Teknologi Bandung, Sepakat Kembangkan Fitur Berkendara Terbaik

  • Oleh : anto

Senin, 19/Jun/2023 12:00 WIB


Soundandmachine.com (Bandung) - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) belum lama ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).  
 
MoU yang ditandatangani pada 16 Juni 2023 lalu, menyepakati kerja sama Research and Development (R&D) HMMI dan ITB untuk meningkatkan fitur penunjang pengalaman berkendara pada mobil yang akan diedarkan di Indonesia.
 
Langkah ini membuktikan komitmen Hyundai untuk tumbuh dan berkembang bersama Indonesia, lewat kerja sama dalam pengembangan teknologi kendaraan lewat jalur penelitian.
 
“Hyundai terus berupaya menghadirkan pengalaman berkendara terbaik bagi konsumen,” jelas Bong Kyu Lee, President Director PT HMMI dalam keterangan resminya.
 
Lewat kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung, Hyundai berharap dapat berkembang bersama Indonesia untuk melakukan penelitian dalam menghadirkan solusi paling cerdas dan tepat bagi konsumen Tanah Air.
 
Nota kesepahaman (MoU) HMMI dengan ITB ini menyepakati berlangsungnya kerja sama selama 3 tahun.  
 
Aktivitas akan dimulai dengan riset Pengenalan Suara untuk Bahasa Indonesia antara HMMI R&D dan ITB.  
 
Tujuan riset ini adalah pengembangan fitur yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara, penyampaian informasi yang cepat dan akurat dan berkendara yang menyenangkan.  
 
Hal ini akan sangat membantu ketika tangan dan mata harus fokus dalam posisi berkendara karena fungsi kendaraan dapat bekerja dalam satu perintah suara.   
 
Riset akan berjalan untuk mengumpulkan beragam data penunjang fitur perintah suara. Ada 2.000 responden akan dilibatkan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan beragam perintah.  
 
Dengan kerja sama ini, diharapkan HMMI R&D dan ITB akan  berkembang bersama di bidang teknologi kendaraan di Indonesia.  
 
”Lewat kolaborasi ini, kami berharap akan terwujud kerjasama yang baik untuk melakukan beragam pengembangan inovasi dan teknologi pada masa-masa yang akan datang,” jelas Ir. R. Joko Sarwono, M.T, Ph.D., Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPiK) ITB.  
 
Lanjutnya, lewat semangat kolabarasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa dan negara khususnya dalam bidang teknologi suara ucap.
 
MoU yang disepakati antara HMMI dan ITB ke depannya akan berjalan secara berkelanjutan. Semoga dapat memberikan manfaat terbaik bagi dunia pendidikan. (anto)

Baca Juga:
Pilihan Terjangkau untuk Fitur Lebih, Hyundai Luncurkan Varian Baru Stargazer Essential