Perubahannya Lebih Menggoda Para Sultan, Toyota Luncurkan Alphard dan Vellfire Generasi Baru

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 21/Jun/2023 16:00 WIB
Toyota Alphard dan Vellfire generasi baru yang dilakukan peluncuran perdana oleh Toyota Motor Corporation. (sumber: Toyota) Toyota Alphard dan Vellfire generasi baru yang dilakukan peluncuran perdana oleh Toyota Motor Corporation. (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jepang) - Toyota Motor Corporation (Toyota) telah resmi melakukan peluncuran perdana lini Multi-Purpose Vehicle (MPV) mewah terbarunya, yakni Toyota Alphard dan saudaranya, Vellfire.

Mulai dari generasi ini, Toyota menghadirkan beberapa hal baru, bahkan tidak lagi hanya membedakan eksteriornya semata antara Alphard dan Vellfire.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

“Alphard dan Vellfire dibangun dengan spirit Jepang Omotenashi (keramahtamahan) di hal detail kecil sekalipun, untuk mengantisipasi kebutuhan para pelanggan.” buka Simon Humphries, Chief Branding Officer Toyota Motor Corporation dalam keterangan resminya (21/6/2023).

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

(sumber: Toyota)

Baik Alphard maupun Vellfire, keduanya sudah mengusung platform Toyota New Global Architecture GA-K yang sudah dioptimalkan untuk diaplikasikan ke mobil berjenis Multi-Purpose Vehicle.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Platform tersebut membuatnya lebih kaku 50% karena penambahan pada struktur rangkanya, ditambah suspensi MacPherson untuk depan dana Double Wishbone untuk belakang, serta sokbreker tipe baru yang membuatnya lebih stabil sekaligus nyaman meredam guncangan.

(sumber: Toyota)

Untuk eksterior yang mengusung tema "Forceful x Impact Luxury,", Alphard memiliki kesan yang lebih kalem, sementara Vellfire memiliki kesan powerful dari garis grilnya.

Namun dibalik penyempurnaan eksterior tersebut terdapat sejumlah detail yang memiliki efek peningkatan kenyamanan. Sebut saja kap mesin, pilar A, dan kaca spion dirancang mengurangi suara angin, serta ban dirancang mengurangi road noise.

(sumber: Toyota)

Interior Alphard dan Vellfire keduanya juga mengalami perubahan seperti desain dasbor, improvisasi posisi mengemudi dan konstruksi jok baris kedua yang membuat jarak antara baris pertama, kedua, dan ketiga lebih lega, dan sejumlah penambahan fitur lainnya.

(sumber: Toyota)

Alphard dan Vellfire generasi baru menjadi Toyota pertama yang dilengkapi universal steps di kedua pintu geser untuk memudahkan anak kecil serta usia lanjut masuk ke kabin belakang, dan akan keluar dengan posisi sekitar 220 mm di atas tanah.

Selain itu, Alphard dan Vellfire generasi baru juga menjadi Toyota pertama yang dilengkapi pull down side sunshades di kaca samping untuk mengurangi panas ke kabin.

(sumber: Toyota)

Alphard dan Vellfire generasi baru semakin memanjakan penumpang dengan super long overhead console, dimana masing-masing penumpang belakang bisa mengatur lampu dan AC belakang sesuai keinginan.

Sistem keselamatan aktif Toyota Safety Sense sudah menjadi standar Alphard dan Vellfire generasi baru, akan tetapi ditambah Proactive Driving Assist yang membantu pengemudi untuk menikung dan mengurangi kecepatan lebih halus. 

Selain itu, Alphard dan Vellfire generasi baru juga sudah dilengkapi Advanced Park dimana memindahkan mobil bisa melalui remot kunci, serta Advanced Drive yang bekerja menjaga jarak di kecepatan 0-40 km/jam, untuk mengurangi lelah saat menghadapi kemacetan.

Selain eksterior, mulai dari generasi ini Toyota membedakan Alphard dan Vellfire di sektor dapur pacu. Untuk Alphard, tersedia varian mesin bensin 2.500 cc, dan series parallel hybrid system 2.500 cc.

Sementara Vellfire, mesin hybrid-nya sama seperti Alphard, akan tetapi mesin bensinnya mengusung mesin baru 2.400 cc turbo T24A-FTS yang disalurkan oleh transmisi otomatis direct-shift 8-percepatan.

Selain itu khusus Vellfire, dilengkapi Front Performance Brace yang terkoneksi dengan radiator support, serta side members agar lebih kaku dan lebih responsif ketika start dari berhenti.

Kehadiran generasi baru untuk Alphard dan Vellfire seperti jni tentunya akan lebih siap menggoda para sultan yang lebih suka disupiri, atau menyetir sendiri. (Joule)