Bisa Dipasang di Balik Dasbor, DSP Alpine PXE-R500 Sangat Cocok untuk Upgrade Audio OEM Style

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 25/Jun/2023 18:00 WIB
Instalasi digital signal processor (DSP) Alpine PXE-R500 di Toyota Fortuner. Instalasi digital signal processor (DSP) Alpine PXE-R500 di Toyota Fortuner.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Akhir-akhir ini modifikasi car audio OEM style banyak dilirik oleh para pemilik mobil, yang tak lain karena kualitas suara lebih baik dari standar, tetapi tampilan interior tetap seperti bawaan pabrik.

Selain kualitas suara lebih baik dari standar, salah satu tantangan upgrade car audio OEM Style adalah bagaimana supaya tampilannya serapi mungkin layaknya bawaan pabrik.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Oleh karena itu komponen yang dipilih harus tepat, salah satunya dari Digital Sound Processor (DSP) sebagai ‘otak’ dari sistem car audio yang dibangun sang instalatur, dan Alpine memiliki produk DSP yang mampu menjawab tantangan tersebut, yakni PXE-R500.

“Bisa diselipin, misalnya di bawah konsol, di bawah dasbor itu bisa, tapi suaranya jauh lebih bagus.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound selaku dealer resmi Alpine kepada SoundandMachine.com di gerainya (3/6/2023).

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

PXE-R500 memiliki panjang 183,5 mm, lebar 136,9 mm, dan tinggi 36,8 mm yang lebih kurang sebesar tablet PC, sehingga cocok untuk modifikasi OEM style karena komponennya mudah disembunyikan.

Itupun bisa ditempatkan selain di kolong jok, dan gerai Cartens Autosound sudah membuktikan ketika menggarap modifikasi sistem audio Toyota Fortuner milik salah satu pelanggan.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Berhubung kolong jok Fortuner tersebut sudah diisi subwoofer aktif dan power amplifier, Cartens Autosound menempatkan PXE-R500 tersebut di balik dasbor.

Sementara untuk kualitas suara, PXE-R500 memiliki frequency response 20 Hz - 60 kHz yang kapabel untuk modifikasi car audio OEM Style dengan upgrade speaker.

Masih di mobil pelanggan yang sama, Cartens Autosound memasang PXE-R500 di Fortuner yang semua speaker standarnya sudah upgrade dengan frequency response 60 Hz - 20 kHz.

Keunggulan lain dari PXE-R500 adalah sudah dilengkapi modul built-in HD Bluetooth 2.1 dengan EDR/BLE V4.2.

“Untuk 6-channel daily ini udah bagus, udah Bluetooth jadi bisa streaming kalau kita gak puas dengan Bluetooth head unit bawaan, kita bisa langsung bypass.” jelas Eddie.

Dengan demikian, PXE-R500 sangat cocok untuk modifikasi OEM Style yang menuntut tampilan harus se-standar mungkin, tetapi kualitas audio jauh lebih baik dari standar. (Joule)