Hasil Tes ASEAN NCAP: Fitur Keselamatan Daihatsu All-New Xenia Masih Perlu Ditingkatkan

  • Oleh : redaksi

Senin, 26/Jun/2023 18:00 WIB
Hasil uji tabrak Daihatsu All-New Xenia untuk pasar Indonesia di ASEAN NCAP. (sumber: ASEAN NCAP) Hasil uji tabrak Daihatsu All-New Xenia untuk pasar Indonesia di ASEAN NCAP. (sumber: ASEAN NCAP)

SoundandMachine.com (Kajang) - Program penilaian mobil baru ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) pada Senin, 26 Juni 2023 merilis hasil tes dalam penilaian keselamatan pada mobil low MPV Daihatsu All-New Xenia generasi kedua.

Penilaian uji keselamatan tersebut dilakukan di lokasi pengujian yang berada di Kajang, Malaysia. Seperti diketahui, mobil yang diuji pada kesempatan ini adalah mobil yang dipasarkan di Indonesia.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

All-New Xenia generasi kedua merupakan low MPV yang dirilis oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek, dan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2021 lalu.

Baca Juga:
Animo Semakin Tinggi, JDM Funday 2024 Siap Meriahkan Sirkuit Mandalika dan Pariwisata NTB

(sumber: ASEAN NCAP)

Adapun All-New Xenia yang dilakukan pengujian keselamatan antara lain tipe 1.3 M produksi tahun 2023 dengan mesin 1.300 cc bertransmisi manual, dan hanya dilengkapi 2 airbag untuk penumpang depan.

Baca Juga:
Ada Lagu Baru di Tahun 2024, Car Audio Network Kembali Gelar Training Regulasi dan Penjurian

“Meski Xenia berhasil dalam memberikan perlindungan kecelakaan, pemasangan peralatan keselamatan aktif masih perlu ditingkatkan.” tulis ASEAN NCAP dalam keterangan resminya (26/6/2023).

Penilaian tersebut terdiri dari uji tabrak, yang terdiri dari tabrakan depan dan samping, serta performa sistem keselamatan aktif.

(sumber: ASEAN NCAP)

Untuk penilaian perlindungan dari benturan terhadap orang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP), setelah uji tabrak depan dan samping, hanya dengan 2 airbag Xenia mampu meraih 32.63 dari 40 poin.

(sumber: ASEAN NCAP)

Sementara untuk perlindungan dari benturan terhadap anak-anak atau Child Occupant Protection (COP), Xenia memperoleh nilai 14,37 dari 20 poin.

(sumber: ASEAN NCAP)

Berikutnya untuk performa keselamatan aktif atau Safety Assist (SA), Xenia memperoleh 10 dari 20 poin, dan kemampuan mendeteksi pengemudi sepeda motor atau Motorcyclist Safety (MS) memperoleh 7,5 dari 20 poin.

Sekedar informasi, Xenia varian 1.3 M ini sudah disematkan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan seatbelt reminder. Namun, belum dilengkapi fitur safety assist (ASA / Advanced Safety Assist), akan tetapi tetap mendapat nilai karena tersedia sebagai opsi.

Secara akumulatif, Xenia mendapat 64,5 dari 100 poin, sehingga mendapat rating 3 dari 5 bintang uji tabrak ASEAN NCAP.

Bagaimana menurut kawan SoundandMachine? (red.)