Performa Tinggi Tapi Ramah Lingkungan, Lexus Luncurkan SUV Elektrifikasi RZ dan RX untuk Pasar Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 28/Jun/2023 10:00 WIB
Lexus Indonesia luncurkan 2 SUV elektrifikasi dengan performa tinggi, yaitu RX 500h F Sport+ (atas) dan RZ 450 e (bawah). (sumber: Lexus) Lexus Indonesia luncurkan 2 SUV elektrifikasi dengan performa tinggi, yaitu RX 500h F Sport+ (atas) dan RZ 450 e (bawah). (sumber: Lexus)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Lexus Indonesia meluncurkan 2 medium luxury SUV terbaru yang bukan hanya ramah lingkungan karena elektrifikasi, tetapi juga menghadirkan unsur performa melalui teknologinya.

Medium SUV elektrifikasi yang diluncurkan pada tanggal 20 Juni 2023 tersebut antara lain RZ dengan sumber daya baterai dan RX 500h F Sport+ yang masih membutuhkan bahan bakar fosil karena hybrid.

Baca Juga:
Komitmen Gencarkan Teknologi Ramah Lingkungan, Lexus Kembali Gelar Pameran Lini Elektrifikasi

(sumber: Lexus)

Baca Juga:
Lebih Mewah dan Ramah Lingkungan, Lexus Luncurkan All-New LM di GIIAS 2023

“RZ menawarkan sebuah BEV (battery electric vehicle) yang diwujudkan melalui tampilannya distinctive, performanya imersif, dan teknologinya intuitif. Sedangkan RX Hybrid Electric Performance dengan performa tinggi, namun tetap berkontribusi positif terhadap lingkungan melalui konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih sedikit dari mesin konvensional murni.” buka Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia dalam keterangan resminya (20/6/2023).

RZ, dengan nomenklatur RZ 450e, merupakan SUV Lexus pertama dengan engineering yang didedikasikan sebagai kendaraan listrik. Salah satunya dari bobot yang ringan dan rigid sehingga menghasilkan distribusi bobot ideal.

Baca Juga:
Populerkan Teknologi Elektrifikasi dan Beri Pengalaman Pelanggan, Lexus Pamerkan Mobil Listriknya

RZ 450e dilengkapi sistem all-wheel drive DIRECT4 Technology yang secara otomatis mampu mendistribusikan tenaga ke roda depan dan belakang sesuai dengan kebutuhan pengemudi. 

Baik pada saat akselerasi, deselerasi, maupun cornering, DIRECT4 akan menjaga postur kendaraan tetap lurus dan stabil, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman. 

Motor listrik RZ pun mampu menghasilkan output tenaga sebesar 308hp, yang dilengkapi dengan Drive Mode Select agar bisa disesuaikan dengan karakter dari masing-masing berkendara.

Baterai RZ 450e berkapasitas 71,4 kWH, dan dilengkapi Thermal Management System yang berfungsi untuk menjaga suhu baterai dan memiliki jarak tempuh hingga 400 km.

(sumber: Lexus)

Sementara untuk RX 500h F Sport+, medium SUV tersebut menawarkan unsur performa namun tetap ramah lingkungan berkat teknologi elektrifikasinya.

RX 500h F Sport+ memiliki baterai tipe nickel-metal hydride (NiMH) dengan daya 288V, tetapi mesin konvensional 2.400 cc berkode T24A-FTS-nya dilengkapi turbo, sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 366 hp,

Seperti RZ 450e, RX 500h F Sport+ juga dilengkapi sistem all-wheel drive DIRECT4 Technology yang secara otomatis mampu mendistribusikan tenaga ke roda depan dan belakang sesuai dengan kebutuhan pengemudi. 

Selain itu, untuk pengalaman berkendara lebih optimal, RX 500h F Sport+ juga dilengkapi dengan DRS (Dynamic Rear Steering), di mana roda belakang dapat membelok, agar tetapi stabil saat bermanuver dalam kecepatan rendah atau tinggi.

Dua lini ini akan menjadi senjata bagi Lexus untuk memikat konsumen Indonesia di segmen luxury, tepatnya SUV, elektrifikasi, dan performa.

“Kami harap The All New Lexus RZ dan The All New Lexus RX Electric Performance dapat menjawab kebutuhan Lexus Enthusiasts sesuai dengan lifestyle nya,” pungkas Bansar. (Joule)