Pembalap Fitra Eri, Rizal Sungkar dan Renaldi Hutasoit Buktikan Performa Subaru WRX di Sirkuit Mandalika

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 04/Jul/2023 12:00 WIB
Para pembalap yang menguji performa Subaru WRX di Sirkuit Mandalika, Rizal Sungkar (nomor 2 dari kiri), Fitra Eri (nomor 3 dari kiri), dan Renaldi Hutasoit (nomor 4 dari kiri). (sumber: Subaru) Para pembalap yang menguji performa Subaru WRX di Sirkuit Mandalika, Rizal Sungkar (nomor 2 dari kiri), Fitra Eri (nomor 3 dari kiri), dan Renaldi Hutasoit (nomor 4 dari kiri). (sumber: Subaru)

SoundandMachine.com (Lombok) - Subaru Indonesia meluncurkan sedan performa tinggi legendarisnya yaitu Subaru WRX, pada tanggal 16 Februari 2023 di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Kemudian pada tanggal 2 April 2023, Subaru Indonesia mulai serah terima unit WRX, yang terdiri dari sedan dan wagon.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

Namun Subaru Indonesia tidak sekedar ‘menjual’, tetapi menunjukkan potensinya di sirkuit, tepatnya Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Timur.

“Model paling sesuai untuk pengujian teknologi Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) di permukaan aspal adalah WRX dan WRX Wagon. Venue pengujian dengan permukaan aspal terbaik dari sisi infrastruktur dan safety adalah Mandalika International Street Circuit.” buka Arie Christopher, Chief Operating Officer Subaru Indonesia dalam keterangan resminya (23/5/2023).

Baca Juga:
Animo Semakin Tinggi, JDM Funday 2024 Siap Meriahkan Sirkuit Mandalika dan Pariwisata NTB

Seperti diketahui, WRX dan WRX Wagon dilengkapi S-AWD yang dikembangkan oleh Subaru Motor Corporation selama lebih dari 50 tahun pengembangan, dan terus disempurnakan dalam menghadirkan ‘Enjoyment and Peace of Mind’ kepada pemilik Subaru.

Teknologi tersebut membantu para pengemudi Subaru menghadapi berbagai kondisi jalan dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam kota, maupun off-road ringan. 

Baca Juga:
Ada Lagu Baru di Tahun 2024, Car Audio Network Kembali Gelar Training Regulasi dan Penjurian

Berhubung WRX dan WRX Wagon bukan hanya memiliki teknologi S-AWD tetapi juga bermesin 2.400 cc flat-4 bertenaga 275 PS dan torsi 350 Nm, saatnya Subaru Indonesia membuktikan performanya di medan aspal tepatnya sirkuit, hingga batasnya.

Itupun performa WRX dibuktikan oleh 3 pembalap nasional yang juga pemilik WRX, yaitu Fitra Eri, Rizal Sungkar, dan Renaldi Hutasoit.

“Untuk itu tepat rasanya kita menguji teknologi S-AWD bersama 3 pembalap profesional dan pemilik Subaru ini.” jelas Arie.

Sirkuit Mandalika memiliki lintasan sepanjang 4,3 km dengan 17 tikungan yang kebanyakan bersifat blind cornering. Artinya, insting pengemudi serta performa mobil ketika menikung bisa dikatakan menjadi kunci.

(sumber: Subaru)

Pembalap internasional tingkat Asia-Pasifik Renaldi Hutasoit membukukan waktu selama 2 menit 4,36 detik dengan WRX Wagon miliknya, yang tentu bertransmisi otomatis.

Kemudian pereli Rizal Sungkar membukukan waktu selama 2 menit 4,10 detik dengan WRX bertransmisi manual miliknya.

(sumber: Subaru)

Waktu tercepat diraih oleh pembalap nasional Fitra Eri dengan waktu 1 menit 59 detik yang juga dengan WRX bertransmisi manual miliknya.

“Benar-benar WRX ini tetap menurunkan tradisi dari pendahulunya menjadi mobil yang walaupun DNA-nya dari rally dengan All-Wheel Drive, bukan hanya di tanah, di aspal performanya luar biasa.” ungkap Fitra Eri, pemilik WRX yang juga penguji.

Dari catatan waktu tersebut menunjukkan bahwa Subaru memiliki lini yang dapat melesat cepat di sirkuit, akan tetapi tetap nyaman untuk pemakaian harian, tepatnya WRX atau WRX wagon. (Joule)