Jaga Tampilan, Cartens Autosound Upgrade Audio Pakai Komponen Kekinian di Honda Civic Nouva

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 07/Jul/2023 18:00 WIB
Interior mobil lawas Honda Civic Nouva dengan upgrade audio oleh Cartens Autosound. Interior mobil lawas Honda Civic Nouva dengan upgrade audio oleh Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Upgrade audio mobil lawas memiliki tantangan tersendiri jika dibandingkan dengan mobil keluaran terkini. Salah satunya adalah bagaimana supaya audionya memiliki kualitas lebih baik, namun tetap menyatu dengan tampilan lawasnya.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Gerai Cartens Autosound mendapat pelanggan yang meminta upgrade audio mobil Honda Civic Nouva, namun tampilan lawasnya tetap terjaga.

Langkah pertama untuk menjawab permintaan tersebut adalah pemilihan komponen, mulai dari speaker, subwoofer, head unit, hingga digital sound processor (DSP).

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Pertama, speaker yang dipakai untuk upgrade audio Civic Nouva adalah Audison APK 130 dengan sistem 2-way. 

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

“Sebelum kita instalasi kita cek dulu diameter (speaker) berapa yang digunakan di Civic Nouva ini, jadi kita menggunakan 5 inch, karena size-nya segitu, gak terlihat perubahan di sektor panel pintu, tapi ada penambahan di bagian bagasi di head unit aja.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com di gerainya (7/6/2023).

Dengan ukuran 5 inci, woofer APK 5 dari APK 130 tersebut bisa dipasang OEM Style, tepatnya di balik pintu, sehingga hampir tidak terlihat ubahannya.

Meskipun 2-way, untuk pemasangan tweeter hanya memanfaatkan dudukan yang sudah disediakan oleh Audison, dan diletakkan di ujung dasbor. Namun untuk speaker belakang, woofer tersebut dibuat coaxial.

Hasilnya, pemasangan tweeter tersebut terlihat seperti upgrade audio model zaman dulu, sehingga cocok dengan tampilan lawas Civic Nouva.

Kemudian untuk subwoofer, bagian ini yang terlihat perubahannya tetapi hanya bersifat menambah, agar OEM-nya terjaga. 

Subwoofer tersebut antara lain Hertz MPS 250 Slim dengan dudukan custom yang diletakkan di atas ban serep, dan bisa dicopot pasang ketika harus mengganti ban. 

“Subwoofer-nya portable, ada socket-nya bisa dicabut, jadi numpang di ban serep. Kalau darurat cabut aja, turunin sub-nya dulu, buka bannya seperti biasa.” kata Eddie.

Tidak jauh dari subwoofer, di sebelahnya ada power monoblock Zapco untuk memperkuat suara dari instalasi audio yang dibangun.

Berikutnya, audio player di Civic Nouva menggunakan Alpine UTX-M06 yang memiliki sejumlah fitur masa kini, seperti resolusi tinggi, tepatnya 96 kHz/24 bit.

Namun bukan hanya itu saja, UTX-M06 juga memiliki sejumlah item yang mendukung untuk menjaga tampilan lawas interior Civic Nouva. 

Pertama dari tampilan controller-nya itu sendiri yang mirip head unit single DIN Alpine, kedua bodi yang terpisah dari controller membuatnya bisa dipasang di berbagai tempat, bahkan masih mudah disembunyikan, dan ketiga masih bisa dihubungkan ke head unit lawas.

Sesuai permintaan pemilik Civic Nouva, UTX-M06 tersebut bisa dihubungkan ke head unit Nakamichi lawas yang sudah terpasang tersebut. “Kita pakai ini (head unit lawas) buat radio aja. Dia masuk ke sini, AUX, jadi masternya di UTX-nya.” tambah Eddie.

Selain audio player, DSP yang dipakai di Civic Nouva tersebut juga menggunakan produk Alpine, yakni PXE-R500 yang berukuran mungil, dan diinstalasi begitu rapi.

Untuk perangkat lainnya, Civic Nouva tersebut menggunakan peredam DJ dan kabel Harmonic Harmony.

Upgrade audio seperti ini tentunya bisa menjadi salah satu referensi bagi para pemilik mobil lawas yang ingin menjaga tampilannya. (Joule)