Dorong Pengunjung untuk Test Drive, Event The 5th Indonesia Autovaganza 2023 Fokus Pemulihan Pasar Otomotif

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 09/Jul/2023 16:00 WIB
Perhelatan Indonesia Auto Vaganza yang diadakan kelima kalinya untuk tahun 2023 Perhelatan Indonesia Auto Vaganza yang diadakan kelima kalinya untuk tahun 2023

SoundandMahcine.com (Tangerang) - Grup media Oto Group kembali mengadakan festival otomotif The 5th Indonesia Autovaganza yang kelima, pada tanggal 8-9 Juli 2023 di QBig BSD, Tangerang.

Indonesia Autovaganza pertama kali diadakan sejak tahun 2017, dan sempat vakum diadakan pada tahun 2020 dan 2021. 

Baca Juga:
Apresiasi Mobil Keluaran Lama, Wadah Otomotif Eurohauz Ajak Run dan Sarapan Bersama

Untuk tahun ini The 5th Indonesia Autovaganza mengusung tema acara yang berbeda jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tepatnya lebih fokus di penjualan dengan mendorong para pengunjung untuk test drive.

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru

“Kita mau fokus mendorong industri untuk mempercepat pemulihan pasar. Makanya kita dorong lebih banyak pengunjung untuk melakukan test drive.” buka Munawar Chalil Editor in-Chief dan Publisher Oto Group kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (8/7/2023).

Adapun eksibitor brand otomotif yang hadir dan menyediakan unit test drive-nya antara lain Honda, Daihatsu, Suzuki, Mazda, Hyundai, Kia, Chery, Wuling, DFSK, MG, Jeep, dan Porsche.

Baca Juga:
JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

Selama Indonesia Autovaganza 2023 berlangsung, para pengunjung bisa mencoba salah satu dari sekitar 20 unit mobil test drive yang tersedia di area parkir QBig BSD, dengan menemui salah satu sales di booth brand otomotif.

“Dengan test drive kita harapkan pengunjung mendapat pengalaman langsung dari mobil-mobil baru saat ini. Merasakan sendiri fiturnya, performanya, menyentuh mobilnya, jadi mereka makin punya bahan lebih banyak untuk perbandingan, memutuskan untuk membeli mobil.” jelas Bang Chalil, sapaan akrabnya.

Agar perhatian pengunjung lebih fokus ke penjualan melalui sejumlah unit test drive, untuk tahun ini Indonesia Autovaganza tidak menghadirkan display mobil klasik atau retro.

“Kalau ada mobil retro, takutnya pengunjung perhatiannya terpecah, karena mau fokus mendukung industri otomotif, tapi gak tertutup kemungkinan di tahun mendatang kami akan kembali dengan tema berbeda lagi, bahkan menghadirkan lagi mobil retro atau modifikasi.” lanjut jurnalis senior otomotif ini.

Sebagai gantinya, untuk memeriahkan acara, Indonesia Autovaganza menghadirkan display mobil campervan yang akhir-akhir ini kian digemari, terutama sejak pandemi.

“Campervan itu saya melihatnya bagian dari gaya hidup, orang suka staycation, healing, kenapa gak dengan mobil sendiri. Ini untuk memberi inspirasi, bahwa dengan mobil bisa melakukan apapun.” tambahnya.

Ke depan, Indonesia Autovaganza akan terus diadakan setiap tahunnya, dengan tema yang berbeda antara tahun ini dengan tahun berikutnya.

“Tiap tahun ganti tema biar segar, jadi gak itu-itu terus, pengunjung juga bosan. Kita harapkan setiap tahun dapat suguhan yang berbeda.” pungkas Bang Chalil. Menarik juga. (Joule)