Jadi Kembaran Toyota Kijang Innova Zenix, Suzuki Invicto Ramaikan Segmen MPV Premium

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 12/Jul/2023 10:00 WIB
Suzuki Invicto, MPV premium bermesin hybrid kembaran Toyota Kijang Innova Zenix. (sumber: Suzuki) Suzuki Invicto, MPV premium bermesin hybrid kembaran Toyota Kijang Innova Zenix. (sumber: Suzuki)

SoundandMachine.com (India) - Suzuki Motor Corporation (Suzuki) melanjutkan pembuatan lini dari hasil kerjasama dengan Toyota untuk suplai OEM-nya, yang kali ini mengambil basis mobil produksi Toyota.

Mobil dari hasil kerjasama tersebut kali ini multi-purpose vehicle (MPV) dengan gaya Sport Utility Vehicle (SUV) yaitu Suzuki Invicto, yang mengambil basis dari Toyota Kijang Innova Zenix atau Innova Hycross, untuk pasar India.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

(sumber: Suzuki)

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

“Masuknya kami ke segmen Utility Vehicle tiga baris premium dengan peluncuran Invicto menambah dimensi baru pada portofolio Maruti Suzuki sebagai merek.” buka Hisashi Takeuchi, Managing Director & CEO, Maruti Suzuki India Limited dalam keterangan resminya (5/7/2023).

Meski mengambil basis dari Innova Zenix, Suzuki sedikit membedakan penampilan eksterior untuk Invicto, yaitu gril dengan desain sekilas mirip low-SUV Suzuki XL-7, bumper, dan model pelek seperti Suzuki Baleno.

Baca Juga:
Khusus Libur Lebaran 2024, Suzuki Adakan Posko Perbaikan dan Layanan Bengkel Resmi 24 Jam

(sumber: Suzuki)

Kemudian untuk interior Invicto, tidak banyak yang dibedakan dengan Kijang Innova Zenix. Seperti misalnya aksen interior berwarna champagne.

(sumber: Suzuki)

Invicto hanya tersedia mesin hybrid, dan itu juga seperti Kijang Innova Zenix, yaitu 2.000 cc M20A-FXS dengan sistem full-hybrid dimana motor listrik juga berperan menggerakkan roda.

Namun Invicto tidak tersedia safety assist sama sekali, berbeda dengan Kijang Innova Zenix yaitu Toyota Safety Sense di tipe tertingginya.

Perilisan Invicto dengan varian mesin hybrid saja merupakan bagian dari upaya Suzuki untuk memproduksi mobil yang ramah lingkungan, serta berada di segmen lebih atas.

“Dengan karakter seperti SUV, Invicto menghadirkan kombinasi desain premium, serta fitur dan inovasi keselamatan yang melimpah. Dengan sistem hybrid revolusionernya, Invicto akan melanjutkan visi dunia yang lebih bersih, lebih hijau, berkelanjutan, dan bebas karbon.” pungkas Takeuchi. Bagaimana menurut kawan SoundandMachine? (Joule)