Instalasi OEM Style, Toyota Kijang Innova Zenix Garapan Cartens Autosound Ini Pakai Komponen High End

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 11/Jul/2023 14:00 WIB
Interior Toyota Kijang Innova Zenix hybrid yang sudah upgrade audio oleh Cartens Autosound. Interior Toyota Kijang Innova Zenix hybrid yang sudah upgrade audio oleh Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Toyota Kijang Innova Zenix masih menjadi mobil favorit untuk upgrade audio, mulai dari instalasi simpel seperti OEM style yang banyak mengandalkan penempatan OEM, hingga custom boks dengan komponen high end serta aluminium housing.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Salah satunya pelanggan Cartens Autosound yang meminta upgrade audio Kijang Innova Zenix Hybrid dengan komponen high end, namun kali ini penempatannya dibuat seperti bawaan pabrik.

“Premium OEM looks, audio system 3-way depan, tampilan harus tetap ‘standar’.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com di gerainya (5/7/2023).

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Mulai dari speaker, Focal Elite Series ES 165 KX3 jadi pilihan untuk membangun sistem 3-way pada staging depan, dengan penempatan layaknya bawaan pabrik.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Woofer ES bisa terpasang di balik door trim, kemudian untuk midrange bisa terpasang di balik dasbor yang notabene ada dudukan speaker dari bawaannya.

Artinya untuk instalasi tweeter pasti membutuhkan proses custom, karena dudukan speaker bawaannya sudah ditempati midrange, namun tetap dibuat seperti bawaan pabrik. 

“Midbass di pintu, midrange di dudukan standar, di pilar kita buat custom 3D printing untuk grill-nya.” tambah Eddie.

Kemudian untuk staging penumpang baris kedua, juga turut dipasang Elite Series, tetapi ES 165 KX2 dengan sistem 2-way. 

Seperti mobil pelanggan Cartens Autosound dengan Kijang Innova Zenix pada umumnya, speaker 2-way untuk staging penumpang baris kedua tidak dibuat coaxial yang menurutnya memiliki kualitas suara lebih baik seperti mobil di kelas yang lebih tinggi.

Namun proses tersebut membutuhkan custom untuk pemasangan tweeter-nya, karena Kijang Innova Zenix tidak memiliki rumah tweeter untuk staging belakang.

Selain speaker, subwoofer Kijang Innova Zenix tersebut juga menggunakan produk Focal, tetapi Flax Evo P25 FSE. Subwoofer tersebut bukan hanya membuat suara bas lebih prima, tetapi juga bisa lebih mengikuti OEM looks, karena tipisnya. 

“Cari yang tipis-tipis, apalagi maunya yang ditanam rata. Volume boksnya gak bisa lebih dari 15 liter.” jelas Eddie.

Untuk perangkat pendukung, Kijang Innova Zenix tersebut menggunakan digital sound processor (DSP) Alpine PXE-R600 8-channel beserta controller, amplifier Zapco serta Crescendo 1A6, dan kabel Pitch and Timbre.

Berhubung Kijang Innova Zenix bermesin hybrid, komponen seperti DSP, amplifier, dan subwoofer ditempatkan di bagasi untuk menghindari konflik dengan baterai di bawah jok baris depan.

Cartens Autosound sudah menerapkan penempatan komponen DSP, power amplifier, dan subwoofer di bagasi di beberapa pelanggan Kijang Innova Zenix hybrid yang lain, sehingga bisa dibilang sudah menjadi resep.

Tak ketinggalan, modifikasi audio tersebut didasari oleh peredam yang menggunakan kombinasi Silent Coat di lantai, dan Z3RO Solutions untuk bodi samping serta boks subwoofer.

Instalasi seperti ini bisa menjadi referensi baru untuk modifikasi car audio Kijang Innova Zenix hybrid, yaitu instalasi OEM style dengan menggunakan komponen high-end. (Joule)