Hanya 911 Set di Seluruh Dunia, Gerai Sterindo Autosound Borong Speaker Limited Edition Focal P60

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 12/Jul/2023 14:00 WIB
Speaker limited edition Focal Inside P60 milik pelanggan Sterindo Autosound yang hanya diproduksi sebanyak 911 set di dunia. Speaker limited edition Focal Inside P60 milik pelanggan Sterindo Autosound yang hanya diproduksi sebanyak 911 set di dunia.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Audioworkshop selaku distributor produk Focal, telah resmi meluncurkan produk car audio edisi terbatas Focal Inside P60, yang ditujukan untuk mobil Porsche keluaran terbaru.

Ketika diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2023 lalu, speaker set tersebut sudah ada beberapa gerai audio yang meminang P60 untuk para pelanggan, salah satunya Sterindo Autosound. 

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Menariknya, Sterindo Autosound memesan lebih dari 1 set, tepatnya 4 set karena permintaan para pelanggannya, padahal P60 hanya diproduksi 911 unit di seluruh dunia dan menjadi salah satu item yang diperebutkan para pecinta car audio.

“Tadinya cuma 1, waktu launching kemarin di Bali ada customer telepon 1 lagi. Dalam 2 hari langsung 4-4-nya. Sebenarnya masih ada kurang, cuma ini gak tau Audioworkshop lagi minta ke negara lain untuk jatahnya.” buka Sandy Wuntoro, Instalatur Sterindo Autosound kepada SoundandMachine.com di gerainya.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Berhubung P60 merupakan lini Focal Inside, kemudahan instalasi jelas menjadi keunggulan utama. Akan tetapi berhubung dijual terbatas dan dirancang untuk Porsche, apa yang spesial dari P60 sampai Sterindo Autosound berani stok lebih dari satu?

“Tweeter bahannya Beryllium. Begitu saya lihat ini kayak TLR (seri lama Focal Home Audio), makanya begitu bunyi di GT3, ini tweeter something different. Begitu saya tahu itu, saya udah gak takut. Laku gak laku saya stokin, tapi ternyata habis.” ungkap Sandy.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Selain tweeter, Sandy menambahkan bahwa komponen P60 lain juga memiliki keistimewaan. Selain konus dengan bahan Beryllium, magnet neodymium dengan daya magnet lebih kuat dari ferit meski berukuran kompak ada di midrange dan juga midbass.

“Speaker yang kita pasang di mobil itu kita lepas di dalam pintu. Dilepas di dek bawah pasti bocor, dia butuh magnet yang gak gede, tapi butuh daya magnet yang sangat kencang supaya dia bisa kontrol konusnya.” jelas Sandy.

Namun yang menariknya lagi, meski didesain khusus Porsche, 2 dari 4 pelanggan P60 di Sterindo Autosound memilih untuk dipasang di BMW. Lantas bagaimana Sterindo Autosound memasang komponen upgrade speaker khusus Porsche ke BMW?

“Secara size, mobil Eropa lain bisa masuk. Cuma ada satu yang harus kita customize, yaitu socket-nya supaya gak potong kabel, jadi kita bikin converter. Saya gak mau potong kabel kalo itu plug and play.” kata Sandy.

Dilihat dari bagaimana bisa memesan 4 set P60 tentunya sangat merefkelsikan kepercayaan pelanggan terhadap gerai Sterindo Autosound. 

“Inilah salah satu proud dari workshop saya. Customer aja tanpa dengar (speaker-nya), mereka masih bisa percaya sama saya, karena dari dulu saya terapin yang terbaik. Kalau soal percaya tidak percaya ya ini buktinya.” pungkas Sandy. Bukan main. (Joule)