Antusias Tinggi, Seri Perdana Amoplus Sound Competition 2023 Padukan Kompetisi dan Entertainment

  • Oleh : anto

Kamis, 13/Jul/2023 12:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Media otomotif nasional yang fokus pada bidang audio mobil, Amo Plus kembali mengadakan gelaran terbarunya, setelah pada Juli 2022 lalu mengadakan event serupa di Meikarta Cikarang, Jawa Barat.
 
Pada tahun 2023 ini, event yang dinamakan Amoplus Sound Competition (ASC) ini akan dihelat sebanyak total lima seri, termasuk final.
 
Gelaran perdananya sendiri dilangsungkan di Mal Otomotif MGK Kemayoran, Jakarta pada Sabtu, 8 Juli 2023 lalu. Menariknya, ada terobosan yang dihadirkan.
 
Dimana pada seri perdana Amoplus Sound Competition 2023 ini mendapat antusias tinggi, karena memadukan kompetisi audio mobil dengan unsur entertaintment.
 
“Tahun lalu itu event ekshibisi, kali ini konsep acaranya sedikit lebih banyak ke entertainment, supaya tidak jenuh kompetisinya,” jelas Achmad Syarifudin, Editor in Chief Amo Plus kepada Tim Soundandmachine.com di lokasi acara.
 
Selain kompetisi audio mobil, Amo Plus menghadirkan sejumlah model wanita seksi yang menjadi bagian dari kompetisi fotografi selama acara berlangsung. Tercatat, sebanyak 30 fotografer dari komunitas fotografi yang diundang, turut ambil bagian.
 
“Ini seri perdana, pesertanya hampir 50-an, ada sembilan kelas yang kami buka dan semuanya full,” ungkap Arief, yang juga menggagas kompetisi ini dengan menggandeng asosiasi EMMA Indonesia untuk regulasinya.
 
Kategori yang dipertandingkan adalah Sound Quality (SQ) dengan pembagian kelas yakni, Puresound 40 Juta, Puresound 100 Juta, Puresound 150 Juta, Puresound 300 Juta, Puresound FFA,  Puresound DSP FFA, SQL 2 SUB dan SQL 4 SUB.
 
Dimana untuk jurinya, menghadirkan sejumlah pakar audio mobil yang terbilang suhu. Diantaranya Maslim Djanuanto, Wahyu Tanuwidjaja, Hebron Hartana dan Ricky Sutanto.

Antusias tinggi juga datang dari para peserta yang bisa dibilang pemain kawakan di kompetisi audio mobil.  
 
Tercatat datang dari Tim Mega Audio, Bestbuddyshop Sunter, BBS with Pengepul, Folks Audio, Linear Autosound dan sejumlah Tim lain, termasuk datang tiga tim dari Bandung.
 
Tidak ketinggalan sejumlah gerai audio mobil yang juga tenant MGK Kemayoran turut berpartisipasi. Atmosfer kompetisi pun berlangsung ketat, diakui sejumlah Juri.  
 
“Dilihat dari hasilnya, pertandingan menyajikan jual beli antara poin imaging, staging dan tonal balance. Masing-masing peserta punya kekuatan sendiri-sendiri. Bahkan ada peserta yang full poin karena semuanya presisi,” ungkap Hebron Hartana, juri Puresound 300.
 
Sementara pada kelas Puresound FFA juga tak kalah kompetitif. “Persaingan ketat, jadi poin bedanya tipis tipis, hanya kesalahan minor-minor saja seperti di High, posision, dan fokus,” ucap Maslim Djanuanto selaku Juri di kelas ini.
 
Gelaran selanjutnya, lima seri yang akan dihelat di tahun 2023 ini mulai dari Jakarta (8 Juli), Semarang (23-24 September), Bandung (21-22 Oktober), Surabaya (25-26 November) dan seri Final di Jakarta (16-17 Desember).  
 
“Juara 1 selain throphy kita juga berikan piagam, ada hadiah cash money untuk juara 1 sampai 3. Tiap seri kami akan bikin konsep seperti ini, ada foto dan dancer biar happy dan atraktif,” tambah Arief.
 
Pria pehobi fotografi ini juga menyebut kemungkinan diadakannya kelas SPL atau SQL pada seri-seri ASC berikutnya di kota lain.
 
Terselenggaranya ASC 2023 juga didukung sejumlah merek audio mobil ternama. Meliputi BRAX, Standarplast, Venom, Momentum, Helix, Goldhorn, Nanotec Systems, Artform, Match, Gramond, Audiocircle, STEG, Morel, Rockford Fosgate, Diosdela Musica, Performa dan  Soundfix.
 
“Nanti puncaknya untuk King ASC, selain cash money ada produk equalizer dari Helix. Tiap serinya peserta bisa kumpulkan poin, mau ikut semua seri juga bisa untuk dapatkan poin klasemen,” tutupnya.
 
Seru juga, nih! (anto)

 

Baca Juga:
Apresiasi Mobil Keluaran Lama, Wadah Otomotif Eurohauz Ajak Run dan Sarapan Bersama

Daftar Juara Amoplus Sound Competition (ASC) Sesion 1 Jakarta  

Puresound 40 Juta
1.    Achien – Toyota Innova – Gema Audio
2.    Donny – Xpander – Tiga Warna – Twins Car audio
3.    Boy – Toyota Zenix – Folks Audio
 
Puresound 100 juta  
1.    Christ – Hyundai Ionic 5 – Mega Audio
2.    Papito – Innova – Anak Bawang – Linear Autosond
3.    JWR  - Mitsubishi Xpander – Cliport Audio  
 
Puresound 150 juta
1.    Antony – Lexus RX300 – Anak Sekolah Dilawan – Bestbuddyshop
2.    Johny Chandra – Lexus – Gramond – Mega Audio  
3.    Andy – Fortuner Victory Audio
 
Puresound 300
1.    Jefry – Honda HRV – Mega Audio  
2.    Jessica M – Nissan Serena – Anaksekolahdilawan.com – BBS with – Pengepul mobil
3.    Rahpan – Honda Civic – Cliport Audio
 
Puresound FFA
1.    JWR -  Mitsubishi Xpander – Cliport Audio
2.    Junus D – Land Cruiser – Anaksekolahdilawan.com – BBS with Pengepul Mobil  
3.    Robert – Toyota Innova – Mega Audio
 
Puresound DSP FFA
1.     Alex Chandra – Toyota Voxy – Anaksekolahandilawan.com – BBS with Pengepul Mobil  
2.    Angga – Mitsubishi Xpander – Cliport Audio  
3.    Papito – Innova – Anak Bawang – Linear Autosound
 

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru