Punya Daya Tinggi, Amplifier Audison Thesis TH Quattro Aman Dipakai Upgrade Audio di Mobil Listrik

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 21/Jul/2023 12:00 WIB
Instalasi amplifier Audison Thesis TH Quattro di Hyundai Ioiniq 5 garapan Cartens Autosound. Instalasi amplifier Audison Thesis TH Quattro di Hyundai Ioiniq 5 garapan Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Amplifier Audison Thesis masih menjadi pilihan untuk penggemar modifikasi car audio Sound Quality (SQ) dengan spesifikasi tinggi. Meski sangat berperan dalam performa audio, pemasangan amplifier tersebut butuh keahlian khusus.

Pasalnya, Audison Thesis merupakan amplifier Class-A dimana ketika bekerja bisa memakan daya listrik yang tinggi. Selain itu, berhubung Class-A, amplifier tersebut juga mengeluarkan panas tinggi ketika bekerja.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Sejauh ini Audison Thesis dipasang di mobil bermesin bensin atau Diesel, namun apakah mungkin dipasang di mobil listrik?

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Gerai audio Cartens Autosound membuktikan bahwa Audison Thesis masih memungkinkan dipasang di mobil listrik, tepatnya di Hyundai Ioniq 5 milik pelanggannya. 

“Mungkin ini pertama kali di Indonesia, menggunakan amplifier Class A, yang lain belum berani memasangkan amplifier yang lumayan memakan tenaga. Biasanya Class A itu baru nyala ampere-nya 20-30 ampere, panas terus.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di gerainya (1/7/2023).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Menariknya, Cartens Autosound tersebut memasang 2 buah TH Quattro di Ioniq 5, untuk membangun sistem 4-Way plus subwoofer, dengan komponen high-end yang berkiblat ke konsep instalasi home audio.

Agar amplifier tersebut bisa bekerja dengan optimal tanpa mengganggu komponen mobil yang lain bahkan secara keseluruhan, instalasinya harus ada jalur pembuangan panas, salah satunya dengan memasang kipas.

Selain itu, pemasangannya juga membutuhkan supercapacitor untuk suplai daya, karena setiap unitnya, TH Quattro memiliki total power RMS 1.040 W dengan output 4 x 260 W @ 2 ohm. Sementara di Ioniq 5 tersebut, dipasang supercapacitor sebanyak 2 buah.

Setelah pekerjaan upgrade audio selesai dengan 2 buah amplifier TH Quattro, Cartens Autosound kemudian mengetes jalan Ioniq 5 tersebut.

Cartens Autosound mengklaim setelah tes jalan dan mengisi baterai, pemakaian elektriknya paling banyak sebesar 35 persen. Bagaimana dengan daya jelajah Ioniq 5 setelah 2 amplifier TH Quattro terpasang sebanyak 2 buah?

“Sebenarnya kilometer berkurang itu lebih efek ke kondisi AC, pemakaian mobilnya, itu lebih memakan baterai. Kalau kita gak bebanin power supply ke mobil, kita udah tambah supercapacitor 2 buah, itu aja kita matiin 2 jam masih bisa nyala sendiri tanpa pakai aki mobil.” pungkas Eddie. Ternyata asal diinstalasi dengan baik dan benar, aman-aman saja kalau dipasang di mobil listrik. (Joule)