Tanpa Pasang Peredam, Speaker Focal P60 Bikin Audio Porsche 911 GT3RS Lebih Baik Dari Standar

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 29/Jul/2023 16:00 WIB
Instalasi speaker Focal P60 yang dirancang untuk Porsche di Porsche 911 GT3RS milik pelanggan BestBuddyShop (BBS) Sunter. Instalasi speaker Focal P60 yang dirancang untuk Porsche di Porsche 911 GT3RS milik pelanggan BestBuddyShop (BBS) Sunter.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Focal P60 merupakan lini produk speaker Focal Inside yang dirancang untuk mobil Porsche, tepatnya model 911. Diproduksi hanya 911 set di seluruh dunia, P60 menjadi salah satu item yang dicari oleh penggemar modifikasi car audio.

BestBuddyShop (BBS) Sunter menjadi instalatur pertama yang melakukan instalasi P60 untuk salah satu pelanggan, tepatnya Porsche 911 GT3 992. 

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Menariknya, BBS Sunter kedapatan lagi pekerjaan instalasi speaker P60, tepatnya di Porsche 911 GT3RS 992.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

“Focal P60 ini limited edition, dibikin khusus anniversary-nya 911. Memang tidak spesifik 911 aja, Panamera bisa, Cayenne bisa, ada beberapa itu bisa dipasang. Cuma ada 911 set di seluruh dunia.” buka Susanto Cong, Instalatur BBS Sunter kepada SoundandMachine.com di gerainya di Sunter, Jakarta (7/7/2023).

Tim SoundandMachine berkesempatan untuk menyaksikan bagaimana proses instalasi speaker P60 di varian 911 yang berorientasi motorsport tersebut.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Terbukti, pemasangan speaker P60 benar-benar tinggal ganti komponen standarnya saja, tepatnya 2 buah tweeter, 3 buah midrange termasuk center, dan 2 buah midbass.

“Ini pemasangannya benar-benar plug and play. Tanpa merusak, tanpa modifikasi, bahkan socket-socketnya tinggal colok. Speaker ini diset dengan sistemnya Porsche yang Bose, jadi memang sudah di-set, RnD dengan amplifier Bose yang ada di Porsche ini.” jelas Afung, sapaan akrab Susanto Cong.

Melihat instalasi seperti ini, P60 jelas lebih dirancang khusus 911 karena selain plug and play juga dari segi kuantitas komponen dalam satu set-nya.

Menurut BBS Sunter, speaker P60 relatif mudah dipasang, akan tetapi tetap membutuhkan kehati-hatian, terutama ketika pemasangan midbass untuk speaker center-nya. “Kancingannya banyak, dia itu plastik, kalau tidak hati-hati bisa patah.” tambah Afung.

Tentunya dengan speaker seperti ini membuat kualitas audio 911 lebih baik dari standarnya, bahkan tanpa memasang komponen tambahan seperti peredam, digital sound processor (DSP), power amplifier, dan sebagainya.

“Tidak perlu, karena mobil ini kabinnya itu rigidnya udah bagus. Memang suara mesinnya rada berisik dibanding mobil lain. Kualitas suara cukup oke karena memang di R&D itu sudah khusus mobil ini dalam kondisi standar. Improve-nya terasa banget.” kata Afung.

Meskipun Afung mengakui bahwa memasang peredam, DSP, amplifier dan sebagainya membuat kualitas audionya lebih baik, komponen tersebut tidak dipasang karena pertimbangan efek performa berhubung 911-nya adalah GT3RS.

Sekedar informasi tambahan, 911 GT3RS merupakan 911 GT3 dengan spesifikasi performa lebih tinggi melalui peningkatan di sektor aerodinamika, serta mesin bertenaga 525 PS, 15 PS lebih besar dari 911 GT3.

“Dari pabrikan aja sudah mengurangi bobot. Pakai karbon, pelek magnesium, mengurangi bobot sehingga performanya lebih bagus. Kalau kita tambah peredam jadi berat. Lain cerita (kalau 911 Carrera).” pungkas Afung. Mantap! (Joule)