Lebih Menggoda Orang Kaya, Generasi Terbaru Toyota Alphard Resmi Meluncur di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 11/Agu/2023 12:00 WIB
Toyota All-New Alphard yang diluncurkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Toyota All-New Alphard yang diluncurkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

SoundandMachine.com (Tangerang) - PT. Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan generasi terbaru lini multi-purpose vehicle (MPV) Toyota All-New Alphard, pada tanggal 10 Agustus 2023 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ICE BSD, Tangerang.

Bagi TAM, peluncuran All-New Alphard merupakan bagian dari upaya menggalakkan elektrifikasi untuk lingkungan hidup lebih baik, melalui lini yang memiliki pasar tinggi di segmennya.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

“Menghadirkan kenyamanan yang bersaing dengan sedan mewah, terintegrasi secara mulus dengan kecanggihan dan teknologi elektrifikasi kami, dan berkembang bersama kemewahan dan inovasi dalam mengurangi emisi karbon.” buka Hiroyuki Ueda, President Director PT. TAM kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran (10/8/2023).

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Mulai dari generasi terbaru ini Alphard sudah mengusung platform Toyota New Global Architecture GA-K dengan optimalisasi untuk diaplikasikan ke mobil berjenis MPV.

Platform tersebut membuatnya lebih kaku 50% karena penambahan pada struktur rangkanya, ditambah suspensi MacPherson untuk depan dana Double Wishbone untuk belakang, serta sokbreker tipe baru yang membuatnya lebih stabil sekaligus nyaman meredam guncangan.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Untuk eksterior yang mengusung tema "Forceful x Impact Luxury,", Alphard memiliki kesan yang lebih kalem, sementara Vellfire memiliki kesan powerful dari garis grilnya. Namun dibalik penyempurnaan eksterior tersebut terdapat sejumlah detail yang memiliki efek peningkatan kenyamanan. Sebut saja kap mesin, pilar A, dan kaca spion dirancang mengurangi suara angin, serta ban dirancang mengurangi road noise.

Interior Alphard juga mengalami perubahan seperti desain dasbor, improvisasi posisi mengemudi dan konstruksi jok baris kedua yang membuat jarak antara baris pertama, kedua, dan ketiga lebih lega, dan sejumlah penambahan fitur lainnya.

Alphard generasi keempat menjadi Toyota pertama yang dilengkapi universal steps di kedua pintu geser untuk memudahkan anak kecil serta usia lanjut masuk ke kabin belakang, dan akan keluar dengan posisi sekitar 220 mm di atas tanah.

Super long overhead console kini hadir di All-New Alphard, dimana masing-masing penumpang belakang bisa mengatur lampu dan AC belakang sesuai keinginan. 

Selain itu, All-New Alphard juga sudah dilengkapi moonroof yang bisa diatur sesuai keinginan antara penumpang sisi kiri dan kanan, serta rigiditas bodi. 

All-New Alphard tersedia mesin hybrid A25A-FXS bertenaga 190 PS dan torsi 239 Nm, yang menjadi bagian dari upaya Toyota untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.

Sekedar informasi tambahan, TAM sempat menghadirkan Alphard bermesin hybrid di generasi sebelumnya, namun penjualannya rendah sehingga hanya tersedia beberapa unit saja.

Meski lebih menjagokan hybrid, TAM tetap menghadirkan varian All-New Alphard bermesin konvensional, tepatnya 2AR-FE bertenaga 182 PS dan torsi 235 Nm.

Semua varian All-New Alphard sudah dilengkapi Active Safety Package Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang terdiri dari Pre Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Assist (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive High Beam (AHB), dan Driver Monitoring System (DMS).

All-New Alphard dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 1.356.100.000,- untuk varian mesin bensin, hingga Rp. 1.657.000.000,- untuk mesin hybrid sebagai varian tertinggi dan siap menggoda para orang kaya di Indonesia. (Joule)