Kembali Hadirkan Lini Bermesin Hybrid, Honda Luncurkan CR-V Generasi Baru di GIIAS 2023

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 11/Agu/2023 16:00 WIB
Generasi baru Honda CR-V yang diluncurkan oleh PT. Honda Prospect Motor di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Generasi baru Honda CR-V yang diluncurkan oleh PT. Honda Prospect Motor di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

SoundandMachine.com (Tangerang) - PT. Honda Prospect Motor (HPM) telah resmi meluncurkan generasi terbaru untuk lini SUV Honda CR-V, pada tanggal 10 Agustus 2023 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Peluncuran CR-V generasi baru tersebut menandai kembalinya HPM dalam memasarkan mobil elektrifikasi, setelah memasarkan sports hatchback Honda CR-Z dari tahun 2013 hingga tahun 2016 lalu.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

“Kami percaya bahwa ini adalah model yang tepat untuk memperkenalkan arah masa depan teknologi kami, sambil menyetarakan tren pasar.” buka Kotaro Shimizu, President Director HPM kepada SoundandMachine.com di lokasi pameran (10/8/2023).

Baca Juga:
Animo Semakin Tinggi, JDM Funday 2024 Siap Meriahkan Sirkuit Mandalika dan Pariwisata NTB

CR-V yang kini berada di generasi keenam, mengusung etos kerja baru dalam mendesain eksterior, yaitu man maximum machine minimum. 

Etos kerja mendesain seperti ini yang membuat CR-V generasi baru lebih minim lekukan dibanding generasi sebelumnya, akan tetapi hasilnya tetap terlihat sporti dan agresif.

Baca Juga:
Ada Lagu Baru di Tahun 2024, Car Audio Network Kembali Gelar Training Regulasi dan Penjurian

Interior juga mengusung etos kerja baru dalam mendesain, yang membuatnya terlihat lebih simpel namun hasilnya tetap menarik. Desain dasbor bisa dibilang tipikal Honda terbaru, karena mirip Civic dan HR-V keluaran terbaru.

Untuk sistem multimedia, CR-V generasi baru sudah dilengkapi Display Audio 9 inci yang mendukung Android Auto dan wireless Apple CarPlay® serta Interactive TFT Meter Cluster with Customized Display Setting 10 inci, dan 12-speaker Bose premium audio system.

Selain itu terdapat pula Qi-compatible dengan maksimum 15W wireless smartphone charging dan Interior Ambient Light warna putih yang ditempatkan di beberapa lokasi seperti di center console tray, cup holder serta panel pintu depan dan belakang.

Untuk pertama kalinya di lini HPM, CR-V generasi baru dilengkapi Honda Connect, dimana pengguna dapat menghubungkan mobilnya dengan smartphone untuk mengakses berbagai fungsi dan informasi penting yang berhubungan dengan mobilnya.

Dapur pacu CR-V generasi baru menggunakan mesin berkapasitas 2.0-liter direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dipadu dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh untuk sistem hybrid-nya.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimum 207 PS dan torsi sebesar 335 Nm setelah dikombinasikan dengan motor listrik.

Sementara untuk sistem hybrid, CR-V generasi baru bisa digerakkan oleh motor listrik saja melalui EV mode, motor listrik dan mesin apabila membutuhkan akselerasi lebih kuat melalui Hybrid mode, dan mesin saja apabila sedang berada di kecepatan tinggi melalui Engine mode.

Mesin hybrid CR-V generasi baru juga dilengkapi Deceleration Paddle Selector yang berfungsi sebagai pedal deselerasi untuk memaksimalkan pengisian daya baterai melalui pengereman kendaraan, dan seberapa besar daya serap oleh baterai berdasarkan level perlambatan.

Pengguna dapat menggunakan Shift B untuk memberikan perlambatan yang aman bahkan di jalan menurun yang curam, sekaligus pengaturan pengisian baterai yang lebih optimal.

Hanya saja untuk varian mesin hybrid, CR-V generasi baru memiliki kapasitas 5-penumpang untuk mengejar rasa berkendara sporti. 

“Dibuat 5-seat karena mempertahankan performa torsinya, kalau dia menjadi 7-seat, beratnya menjadi bertambah sehingga nilai torsinya menjadi berkurang.” kata Eisuke Satoh, Development Leader from Automobile, Development Center, dan Automobile Operations Honda Motor Co., Ltd.

Dibanderol dengan harga Rp. 799,9 juta dan berlabel Road Sailing (RS), Honda memberikan jaminan gratis penggantian baterai hingga 8 tahun atau 160 ribu kilometer.

Peluncuran CR-V generasi baru di GIIAS 2023 menandakan bahwa ramah lingkungan adalah rasa berkendara sporti yang kembali hadir di Indonesia. (Joule)