Meski Dirancang Untuk Porsche, Speaker Set Focal P60 Juga Bisa Dipasang di BMW dan Mercedes

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 02/Agu/2023 18:00 WIB
Instalasi Focal P60 di BMW X5 (atas) dan Mercedes-Benz ML 400 (bawah) oleh gerai Sterindo Autosound. Instalasi Focal P60 di BMW X5 (atas) dan Mercedes-Benz ML 400 (bawah) oleh gerai Sterindo Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Focal P60 merupakan speaker set yang dijual terbatas, dan bisa dibilang lebih dirancang untuk kendaraan Porsche 911 generasi terkini (991), dari segi kuantitas yang terdiri 2 midbass, 2 tweeter, dan 3 midrange dalam satu set-nya. 

P60 terbukti pas dengan jumlah speaker 911 GT3 (991) ketika dipasang oleh gerai BestBuddyShop Sunter, dan itupun benar-benar tinggal ganti semua komponen standarnya saja.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Meski demikian, speaker P60 juga bisa dipasang di lini Porsche selain 911 (991), meskipun untuk lini 4 atau 5-pintu dari segi kuantitas per setnya hanya bisa untuk staging depannya saja.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Namun ada yang menarik dari Sterindo Autosound, sebagai gerai audio dengan pelanggan P60 terbanyak di Indonesia untuk saat ini. Pasalnya, dari sekian pelanggan P60, belum ada satupun yang memasang di mobil Porsche, tepatnya BMW dan Mercedes-Benz.

“Secara size, mobil Eropa lain bisa masuk. Cuma ada satu yang harus kita customize, yaitu socket-nya supaya gak potong kabel, jadi kita bikin converter. Saya gak mau potong kabel kalo itu plug and play.” buka Sandy Wuntoro, Instalatur Sterindo Autosound kepada SoundandMachine.com di gerainya (20/5/2023).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Sterindo Autosound sudah memasang P60 untuk 3 mobil pelanggan, dan tim soundandmachine bertemu 2 diantaranya yang terdiri dari BMW X5 dan Mercedes-Benz ML 400.

Untuk X5, instalasinya OEM placement, tetapi membutuhkan sedikit pekerjaan custom untuk pasang midbass P60 agar pas dengan penempatannya. 

“Kalau yang ini (midbass) custom hanya ring speaker-nya supaya bisa masuk. Kedua custom cover-nya. Kan itu (P60) 8 inch, lubangnya 5 inch. Aku custom (cover), bikin baru dari ram.” jelas Sandy.

Sementara ML 400, ini yang paling menarik karena pelanggannya memasang 2 set, sementara 1 set P60 saja sudah diperebutkan oleh para pecinta modifikasi car audio berhubung hanya diproduksi sebanyak 911 set di dunia.

“Tadinya cuma 1, karena aplikasi di mobil ini kadang beliau driving sendiri atau dibawain driver, speaker tengahnya beliau butuh. Jadi ambil 1 set lagi untuk speaker tengah. Cuma masih ada sisa midbass-nya 2.” kata Sandy.

Lebih menariknya lagi pemasangan P60 tersebut dilakukan custom pilar untuk tweeter dan midrange, dan dudukan untuk midbass di bagasi. 

Jadi seperti ini referensi pemasangan P60 untuk mobil selain Porsche, tepatnya lini SUV BMW dan Mercedes-Benz, serta pemasangan 1 dan 2 set P60. Bagaimana menurut kawan SoundandMachine? (Joule)