Solusi Upgrade Suara Bas, Subwoofer Audison APS 8D Jadi Pilihan Instalatur Kawakan

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 20/Agu/2023 12:00 WIB
Instalasi subwoofer pasif Audison APS 8D dengan beragam penempatan. Instalasi subwoofer pasif Audison APS 8D dengan beragam penempatan.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Untuk kualitas suara bas lebih baik, memasang atau upgrade subwoofer tentu menjadi jawaban. Namun persoalannya selain kualitas bas, juga penempatan, mulai dari kapasitas bagasi terbatas hingga keinginan serapi mungkin.

Subwoofer pasif masih menjadi jawaban untuk berbagai persoalan tersebut, tepatnya berukuran kecil tetapi kualitas suara bassnya tetap mumpuni, yaitu Audison Prima APS 8D yang berukuran 8 inci.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Meskipun memerlukan custom boks, APS 8D menjadi subwoofer pasif pilihan untuk mengatasi persoalan kapasitas bagasi Wuling Air EV yang sangat terbatas, dan itu terbukti setelah digarap oleh gerai Mega Audio.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

“8 inch itu paling cocok untuk Air EV, karena diameternya pas banget dan masih ada bagasi sedikit untuk taruh charger atau toolkit yang memang diperlukan.” buka Reagan Andrew, Instalatur Mega Audio kepada SoundandMachine.com di Green Garden, Jakarta (29/3/2023).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Ukuran 8 inch membuat APS 8D bisa menggantikan subwoofer standar Hyundai Palisade milik penyiar radio Reza Chandika, sehingga mendapatkan kualitas audio yang memuaskan setelah digarap oleh gerai Cartens Autosound.

“Subwoofer OEM placement, Reza maunya lebih bagus dari standar tapi gak banyak custom.” kata Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound.

Selain itu, ukuran 8 inci juga memberikan fleksibilitas lebih dalam penempatan yang se-OEM mungkin jika memang tidak ada subwoofer dari pabrikannya. Seperti Honda CR-V garapan gerai Auto Maximus yang memasang APS 8D dengan penempatan di ban serep.

“Karena dia tidak membutuhkan boks gede udah sangat bagus.” jelas Frendy, Instalatur Auto Maximus.

APS 8D juga menjadi pilihan gerai Sterindo Autosound ketika menggarap audio OEM placement di Hyundai Ioniq 5 milik salah satu pelanggannya, yang menginginkan agar komponennya tersebut tidak terlihat ketika ditutup dengan partisi standarnya.

“Banyak 8 inch yang beredar, tapi semua kembali ke bahannya apa. Kebetulan secara mekanikal dan bahan, Audison ini strong. Gak semua subwoofer itu dibuka pasti jauh lebih baik, karena subwoofer itu referensinya merambat, ditaruh dimanapun bisa, asal jauh dari kita.” ujar Sandy Wuntoro, Instalatur gerai Sterindo Autosound.

Dengan kemampuan menjawab berbagai persoalan penempatan subwoofer yang sudah teruji seperti ini membuat APS 8D menjadi pilihan paling kayak untuk kualitas suara bas lebih baik, dengan tampilan sesederhana mungkin. (Joule)