Cocok di Hyundai Ioniq 5, Ini Dia Tiga Pilihan Speaker Focal untuk Upgrade Audio Mobil Listrik

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 16/Sep/2023 14:00 WIB
Hyundai Ioniq 5 dengan 3 speaker Focal yang berbeda. Dari kiri ke kanan: Slatefiber, K2 Power M, Utopia M-Line. Hyundai Ioniq 5 dengan 3 speaker Focal yang berbeda. Dari kiri ke kanan: Slatefiber, K2 Power M, Utopia M-Line.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Hyundai Ioniq 5 memiliki kabin yang hening karena tidak ada suara motor penggerak berhubung mobil listrik, dan juga staging mendukung dari bentuk dasbor, sehingga berpotensi memiliki audio kualitas tinggi dari OEM-nya.

Meski audio standar Ioniq 5 sudah cukup bagus karena sistem dan kabin OEM-nya, akan tetapi kualitasnya masih bisa dibuat lebih baik dengan mengganti speaker, salah satunya brand Focal.

Baca Juga:
Andalkan Dominations, Gerai Roda Mas Audio Raih Juara Ganda di Final Kompetisi I-CAN 2023-2024

SoundandMachine memiliki referensi upgrade speaker Ioniq 5 dengan 3 produk Focal yang berbeda, yaitu Slatefiber sebagai lini entry level, K2 Power M sebagai lini menengah, dan Utopia M-Line sebagai lini papan atas.

Baca Juga:
Alpine Rilis DSP-Amp 8-Channel dan 10-Channel Baru, Desain Lebih Mewah Fitur Tambah Melimpah

Sterindo Autosound kedapatan pelanggan upgrade audio Ioniq 5, dan untuk speakernya gerai tersebut merekomendasikan Slatefiber, karena keseimbangan tinggi antara harga, karakteristik, dan tentunya kualitas.

“Slatefiber itu salah satu speaker dengan bahan unik, dan harganya relatif terjangkau dan yang penting RnD dari satu brand itu pegang peranan. Mau harga terjangkau tapi brand-nya Focal RnD-nya ketat. Dia punya karakter unik sendiri.” buka Sandy Wuntoro, Instalatur Sterindo Autosound kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di gerainya (27/7/2023).

Baca Juga:
Andalkan Alpine Status, BestBuddyShop Sunter Juara Seri Kompetisi Car Audio Black Out Loud 2024

Menurut Sandy, selain kualitas suara audio yang baik, Slatefiber juga memudahkan instalatur untuk mengkombinasikan dengan komponen audio lain, terutama processor amp.

“Untuk setup slatefiber kita bisa combine dengan barang lain dan masuk-masuk aja, dan yang terpenting kita pakai processor amp terbukti cukup mampu untuk mengangkat slatefiber, jadi sensitivity-nya tinggi.” jelas Sandy.

Sebagai salah satu produk terbaru Focal, K2 Power M juga bisa menjadi pilihan untuk pemilik Ioniq 5 yang ingin upgrade audio di kabin depan dan belakang.

“Satu line-up Focal paling baru, kombinasi antara KX digabung dengan desain Utopia M. Ini bisa dibilang line-up hybrid antara konus kevlar sama M-Shape terbaru dari Utopia M.” kata Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound.

Seperti di mobil milik pelanggan Cartens Autosound, yang terpasang speaker full K2 Power M dengan sistem 3-Way untuk kabin depan, dan 2-way untuk kabin belakang. Menariknya, komponen fullrange FRAK dipasang di kabin belakang menjadi surround.

“FRAK itu fullrange, bisa main sampai 500 Hz, satu line-up terbaru yang menggunakan fullrange dengan aluminum magnesium.” tambah Eddie.

Sebelumnya Cartens Autosound sudah pernah upgrade audio Ioniq 5 dengan sistem lebih advanced, dan Utopia M-Line adalah speaker pilihannya.

Cartens Autosound sudah 2 kali upgrade speaker Ioniq 5 dengan Utopia M-Line, pertama sistem 3-Way hingga menjadi yang pertama di Indonesia, kedua bagian dari sistem 4-way dan dipasangkan dengan amplifier class-A.

“Sistemnya udah high end. Utopia M di bawah Ultima (lini tertinggi), tapi Ultima udah gak ada. Jadi sekarang paling tinggi Utopia M.” kata pemilik gerai audio yang sudah 21 tahun beroperasi tersebut.

Jadi seperti inilah referensi upgrade audio Ioniq 5 dengan 3 speaker Focal yang berbeda. Bagaimana menurut kawan SoundandMachine? (Joule)