Cocok untuk Entry Level dan High End, Speaker Focal Jadi Rekomendasi Upgrade Audio di Mobil Listrik

  • Oleh : Julfikri

Senin, 25/Sep/2023 16:00 WIB
Kia EV6 dengan speaker Focal Utopia M garapan gerai Cartens Autosound. Kia EV6 dengan speaker Focal Utopia M garapan gerai Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Cartens Autosound baru-baru ini meluncurkan karya terbaru dalam memodifikasi audio mobil listrik, yaitu Kia EV6 dengan konsep redefinisi sound system dari audio bawaan.

Untuk mewujudkan konsep tersebut, tentunya membutuhkan pemilihan komponen yang tepat, terutama speakernya. Cartens Autosound memilih speaker Focal untuk mendukung konsep redefinisi audio EV6.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Perlu diketahui bahwa mobil listrik merupakan yang digadang-gadang sebagai kendaraan masa depan, dan memiliki tantangan tersendiri untuk upgrade audio, mulai dari ruang akustik hingga sistem yang umumnya serba terintegrasi.

“Kita gunakan top of the line-nya Focal, Focal Utopia M, belakang kita gunakan 165 WXP, satu line-up di bawah-nya.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di ITC Fatmawati, Jakarta Selatan (8/8/2023).

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

EV6 tersebut dipasang speaker Focal Utopia M untuk staging depan dengan sistem 3-way, dan turut dilakukan custom box dengan aluminium housing untuk memaksimalkan kualitas suaranya.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Kemudian untuk staging belakang, menggunakan Focal 165 WXP dengan sistem 2-way agar penumpang belakang juga bisa merasakan kualitas audio yang jauh lebih baik dari standarnya.

“Color of the sound-nya sama, sama-sama Beryllium, jadi dapat intensitas suaranya sama.” jelas Eddie.

Sebelum EV6, Cartens Autosound sudah memasang speaker Focal di beberapa unit Ioniq 5 milik pelanggan, yang diantaranya Utopia M sebagai bagian dari sistem 4-way high end dan disertai amplifier class-A.

“Sistemnya udah high end. Utopia M di bawah Ultima (lini tertinggi), tapi Ultima udah gak ada. Jadi sekarang paling tinggi Utopia M.” tambah Eddie.

Cartens Autosound juga merekomendasikan speaker Focal untuk mobil listrik lainnya, melalui paket yang ditawarkan di gerainnya. 

Seperti Focal ES 165 K untuk staging depan dan PS165 SF atau Slatefiber untuk staging belakang di mobil listrik terbaru Hyundai Ioniq 6 sebagai bagian dari paket untuk upgrade sistem 2-Way.

“Itu (ES 165 K) lebih bagus suaranya, lebih powerful, kalau mau depan belakang pake itu (ES 165 K) lebih bagus. Kalau owner-nya suka disupirin atau bawa sendiri, saya saranin pake tipe yang sama, jadi lebih balance. Coloration-nya gak beda antara depan dan belakang.” kata Eddie.

Mau entry level atau high end, Focal menjadi speaker yang direkomendasikan oleh salah satu instalatur car audio terbaik di Indonesia untuk upgrade mobil listrik. Ada yang berminat? (Joule)