Bawa Teknologi Terkini, Peranti Terbaru Alpine Banyak Dipakai untuk Upgrade Audio di Mobil Listrik

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 28/Sep/2023 10:00 WIB
Digital Sound Processor (DSP) dan power amplifier Alpine Status di Kia EV6 garapan Cartens Autosound. Digital Sound Processor (DSP) dan power amplifier Alpine Status di Kia EV6 garapan Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Produk car audio Alpine termasuk yang direkomendasikan untuk upgrade audio mobil listrik, oleh salah satu gerai terkemuka yaitu Cartens Autosound di daerah Fatmawati, Jakarta Selatan.

Pasalnya, Cartens Autosound memilih produk Alpine untuk membangun audio system high end di mobil listrik, terutama piranti pendukungnya seperti controller, digital sound processor (DSP), dan amplifier.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Termasuk di mobil listrik dengan upgrade audio garapannya yang baru-baru ini diluncurkan, yaitu Kia EV6. 

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

“Banyak banget produk dari Alpine yang menjadi opsi yang terbaik untuk upgrade sistem audio mobil, dimana bisa diintegrasikan dengan sistem bawaannya.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com di gerainya (23/9/2023).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

EV6 tersebut turut dipasang DSP dan power amplifier Alpine Status untuk konsep sound redefined, atau redefinisi sound system bawaan yang sudah datang dengan sistem audio dari merek terkemuka.

DSP Alpine Status dengan seri HDP-D90 memiliki 14-channel 31 band, input 12-channel hi-level/2-channel, 10-channel RCA output/12-channel high level amplified outputs, frequency response 20 Hz - 40 kHz, dan sampling rate 192 kHz/24 bit.

Sementara power amplifier Alpine Status dengan seri HDA-M80 memiliki frequency response 80 Hz - 400 Hz dan rate power 500W RMS x 1 @ 4 Ohm.

Kedua perangkat tersebut digunakan untuk memaksimalkan performa speaker 3-way di staging depan dan 2-way di staging belakang EV6.

“Seperti bawaannya ini datang dengan 12.1, jadi kita ubah sistem audio dengan produk aftermarket dan tetap bisa digunakan dengan baik dan hasilnya jauh lebih maksimal.” jelas Eddie.

Sebelumnya Cartens Autosound menggarap upgrade audio Hyundai Ioniq 5 dengan DSP yang juga Alpine Status untuk sistem 4-way disertai power amplifier class-A. “Alpine ini resolusinya udah tinggi, 192 kHz, jadi kita pakai ini buat kombinasi 4-Way.” kata Eddie.

Menariknya, baik EV6 dengan sistem seperti ini cukup dengan controller Alpine RUX-C810, meskipun Alpine Status punya digital media player dengan 192kHz/24Bit playback melalui 3 USB DAC input atau koneksi Bluetooth. “Udah ada player streamer.” tambah Eddie.

Cartens Autosound juga merekomendasikan produk Alpine, melalui bagian dari paket upgrade audio mobil listrik yang ditawarkan, yaitu DSP PXE-R500 untuk Ioniq 6, dan speaker terbaru R2-S653 serta R2-S652 untuk Ioniq 5.

“Processor kalau mau lebih bagus lagi bisa upgrade PXE-R600, kalau 6-channel ini full-pasif. Ini baru, R-Series. Detail suaranya, galak bass-nya. Carbon kevlar coating, tweeter-nya soft dome.” kata pria yang mendirikan gerai audio selama 21 tahun tersebut.

Dengan demikian, Alpine bisa menjadi brand pilihan untuk pemilik mobil listrik yang berminat upgrade audio. (Joule)