Lebih Aman dan Memacu Adrenalin, Subaru BRZ Dapat Improvisasi dan Tambah Varian STI Sport

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 07/Okt/2023 14:00 WIB
Subaru BRZ STI Sport yang diluncurkan oleh Subaru sebagai varian lebih sporti dan agresif. (sumber: Subaru) Subaru BRZ STI Sport yang diluncurkan oleh Subaru sebagai varian lebih sporti dan agresif. (sumber: Subaru)

SoundandMachine.com (Jepang) - Subaru melakukan improvisasi untuk lini sportscar-nya, yaitu Subaru BRZ mulai dari tanggal 22 September 2023 untuk pasar Jepang. 

Improvisasi tersebut berupa penambahan sistem keselamatan aktif di semua varian termasuk transmisi manual, vehicle dynamics control, dan tapak baru untuk varian paling rendahnya, yaitu R.

Baca Juga:
Suguhkan Trek Bervariasi, Subaru Indonesia Club Gelar Safety Driving Auto Cross

“Sistem Eyesight yang memiliki performa tinggi dalam menghindari tabrakan, mengurangi kerusakan ketika tabrakan, dan pengurangan driving load, dikontrol berdasarkan karakteristik transmisi manual, sehingga memberikan kenikmatan dan ketenangan berkendara.” tulis Subaru dalam keterangan resminya (22/9/2023).

Baca Juga:
Angka Penjualan Terus Meningkat, Subaru Indonesia Fokus Pertahankan Dua Segmen Ini

(sumber: Subaru)

Namun yang paling menarik dari improvisasi tersebut adalah kehadiran STI Sport, atau varian dengan tuning oleh divisi motorsport Subaru, yaitu Subaru Technica International (STI).

Baca Juga:
Lebih Aman Dikendarai, Subaru Akan Luncurkan Sportscar BRZ Minor Change di IIMS 2024

Eksterior BRZ STI Sport tampil dengan kaca spion dan antena atap berwarna hitam, pelek 18 inci berwarna metalik gelap, logo BRZ pada lampu depan berwarna merah buah ceri, dan logo STI pada bagian depan dan belakang sebagai identitas.

(sumber: Subaru)

Interior menggunakan bahan kombinasi Ultrasuede berwarna merah anggur dan hitam serta kulit pada jok, panel instrumen warna Bordeaux pada ring dan material Blannove pada tudung, bagian dekoratif di sekitar shifter warna dark cast metallic, tombol start berwarna merah, dan door trim bermanterial Blannove.

(sumber: Subaru)

BRZ STI Sport menggunakan suspensi khusus dan damper yang mengeluarkan gaya lateral dari roda bagian dalam sejak setir diputar, sehingga membuat pengendalian lebih responsif.

Damper pada suspensi depan tersebut merupakan Hitachi Astermo yang di-tuning oleh STI, yang membuatnya lebih nyaman, tetapi bisa lincah dan terasa sporti saat dikendalikan.

(sumber: Subaru)

Agar lebih mantap dikendarai, pelanggan bisa menambahkan rem cakram berventilasi berukuran 17 inci dari Brembo.

Improvisasi dan penambahan varian tersebut tentunya akan membuat BRZ akan lebih aman dikendarai di jalan raya, serta lebih memacu adrenalin melalui sejumlah tuning di varian baru STI Sport. (Joule)