Toyota Crown Sport Resmi Dipasarkan, Kini Berwujud Crossover Sporti dan Mesin Hybrid

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 07/Okt/2023 16:00 WIB
Toyota Crown Sport yang sudah resmi diluncurkan oleh Toyota Motor Corporation untuk pasar Jepang. (sumber: Toyota) Toyota Crown Sport yang sudah resmi diluncurkan oleh Toyota Motor Corporation untuk pasar Jepang. (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jepang) - Toyota Motor Corporation (Toyota) telah resmi meluncurkan varian terbaru dari 4 model yang diusung untuk lini legendarisnya, yaitu Toyota Crown Sport pada tanggal 6 Oktober 2023 untuk pasar Jepang.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

(sumber: Toyota)

Sekedar informasi, Toyota Motor Corporation akan merilis Crown dalam 4 model, yaitu crossover atau sedan berkaki SUV, Sport dengan pilar ala coupe dan berkaki SUV, wagon dengan pilar layaknya station wagon, dan sedan yang lebih berorientasi jalanan aspal.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

“Crown ini adalah bentuk baru SUV sporti. Mobil dengan penampilan yang menawarkan kelincahan dan pengalaman berkendara sporti.” buka Hiroki Nakajima, President of Toyota mid-size vehicle company dalam keterangan resminya (15/7/2022).

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

(sumber: Toyota)

Toyota menghadirkan unsur sporti Crown Sport, mulai dari wajah seperti hiu martil layaknya sportscar papan atas, pilar D yang membungkuk layaknya sebuah coupe, dan fender melebar yang membuat mobil terlihat rebah.

(sumber: Toyota)

Untuk interior, dasbornya lebih kurang seperti model crossover, dirancang agar pengemudi bisa lebih konsentrasi mengemudi dengan panel instrumen horizontal dan sedikit aksen warna. 

Akan tetapi dasbor tersebut bisa membuat penumpang depan rileks, dari bentuk dan juga adanya aksen warna yang kalem.

Langit-langit Crown Sport dilengkapi sound regulating yang memudahkan penumpang untuk berbicara satu sama lain.

Crown Sport dilengkapi hip point lebih tinggi berkat diameter ban lebih besar, sehingga meningkatkan penampilan pengemudi dan penumpang saat masuk atau keluar dari mobil.

(sumber: Toyota)

Dapur pacu Crown Sport mengusung mesin 2.500 cc parallel hybrid yang didesain untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan juga performa, tepatnya lebih responsif dari kecepatan rendah hingga tinggi, serta lebih hening berkat kerja motor listrik.

Crown Sport akan tersedia mesin 2.500 cc plug-in hybrid dengan akselerasi lebih kuat dan juga terkontrol, serta lebih hemat pemakaian bahan bakar karena baterai lebih besar untuk EV mode atau mode dimana hanya motor listriknya saja yang menggerakkan mobil.

Sisi fun to drive Crown Sport ada pada suspensi yang diracik agar pengendaliannya lebih akurat, sehingga pengemudi bisa lebih terkoneksi dengan mobilnya selama berkendara di berbagai situasi dan kondisi.

Crown Sport dilengkapi Dynamic Rear Steering yang membuatnya lebih lincah di kecepatan rendah, dan lebih stabil ketika berada di kecepatan tinggi.

Kehadiran Crown Sport secara perlahan akan mengubah image Crown yang selama ini terpaku dengan sedan bergaya konservatif, menjadi lini premium dengan beragam pilihan varian bodi berdasarkan preferensi masing-masing pelanggan. (Joule)