Termasuk Head Unit Model Ikonik, Sekarang Peranti Audio Alpine F1 Status Bisa Beli Terpisah

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 13/Okt/2023 14:00 WIB
Audio system Alpine F#1 Status. (sumber: Alpine) Audio system Alpine F#1 Status. (sumber: Alpine)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Kabar gembira bagi para pecinta modifikasi car audio, dan juga penggemar modifikasi antara era 1990-an dan 2000-an. 

Pasalnya, Alpine F#1 Status yang awalnya hanya bisa dibeli dalam satu paket, sekarang bisa dibeli secara terpisah, setelah dikonfirmasi oleh pihak PT. Audioworkshop selaku distributor resmi car audio Alpine di Indonesia.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

“Sekarang bisa beli terpisah. Jadi bisa cuma beli head unit, processor, sama DAP (Digital Audio Player).” buka Fahrul Supangkat, Brand Manager Alpine Indonesia dari PT. Audioworkshop kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di Sunter, Jakarta (5/10/2023).

Sekedar informasi, awalnya Alpine F#1 Status hanya dijual dalam satu paket, yang terdiri dari head unit, DAP, digital sound processor (DSP), power amplifier, speaker, dan subwoofer. 

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Namun kini, pelanggan bisa membeli sebagian dari komponen Alpine F#1 Status, termasuk head unit-nya yang menarik perhatian, terutama karena 6 tombolnya merupakan desain ikonik Alpine, dan menjadi buah bibir penggemar otomotif ketika muncul beritanya di tahun 2021 lalu.

“Sebenarnya kita request dari pihak Alpine principal, jadi kalau beli tanpa power tanpa speaker bisa gak, karena market di Indonesia banyak orang yang senang dengan speaker dan power yang berbeda.” jelas Fahrul.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Untuk saat ini, dealer resmi yang membuka pemesanan komponen Alpine F#1 Status tersebut baru Cartens Autosound di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan.

“Klien lebih tertarik dengan player-nya, karena speaker, amplifier, subwoofer-nya itu belum terlalu familiar di benaknya klien. Dulu penggemar F#1 Status dari gen 1, gen 2, semuanya head unit sama processor.” kata Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound.

Tentu dari segi performa tidak diragukan lagi, karena Master Clock Management System-nya membuat jitter atau lag sangat minim, dan resolusi playback-nya merupakan tertinggi di dunia, yaitu 384 kHz / 32 bit.

Komponen Alpine F#1 Status yang bisa dibeli secara terpisah. Dari kiri ke kanan: Head Unit, B. Box, digital sound processor (DSP), digital audio player (DAP). (sumber: Alpine)

Namun perlu diketahui bahwa agar sistem Alpine F#1 Status-nya dapat beroperasi, head unit harus dipasang bersamaan dengan B.Box, DAP, dan DSP, karena sudah menjadi skema dalam sistemnya.

“DAP jadi music bank-nya, dikontrol sama commander-nya, semuanya dihubungkan dengan B.Box-nya itu, nanti suaranya disuplai ke DSP. Basically di DSP semua. Master clock-nya, preset, dan lain-lain di DSP.” tambah Eddie.

Dengan skema seperti ini, pelanggan bisa lebih leluasa memodifikasi audio di mobil kesayangan, dan juga lebih efisien karena adanya keharusan dalam memasang komponen dalam satu kesatuan. Ada yang berminat? (Joule)