Berawal dari Hobi, Urban Garage Jadi Gerai Cuci Mobil Paling HIts di Selatan Jakarta

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 20/Okt/2023 16:00 WIB
Gerai cuci mobil Urban Garage di daerah Depok, Jawa Barat Gerai cuci mobil Urban Garage di daerah Depok, Jawa Barat

SoundandMachine.com (Depok) - Ide untuk membangun sebuah usaha bisa dari mana saja, salah satunya dari lokasi yang sudah menjadi langganan, dan itupun berlaku apapun bidang usahanya.

Seperti gerai Urban Garage di Depok, Jawa Barat, yang berdiri grand opening Februari 2023 lalu, idenya muncul berawal dari hobi 3 pendiri untuk membersihkan kendaraan kesayangan di tempat cuci mobil.

Baca Juga:
Layanan Ekspres, Gerai Cuci Mobil Premium Clean n Tidy Resmi Membuka CNT Car Wash

“Kita bertiga (pendiri) coba untuk keliling cuci mobil, lumayan banyak tempat cuci mobil untuk cuci mobil kita. Pas kesempatan, partner punya lahan di sini, terus kita mau menjalankan bisnis apa, yang terbesit cucian mobil.” buka Adit, salah satu pemilik Urban Garage kepada SoundandMachine.com di lokasi gerainya (15/10/2023).

Baca Juga:
Ini Alasan Mobil Harus Segera Dicuci Setelah Kehujanan

Nama Urban Garage sendiri memiliki arti, yakni menargetkan pemilik mobil dengan domisili di daerah perkotaan atau sekitarnya yang ingin pergi ke perkotaan, agar mampir ke gerainya.

Sebagai permulaan, Urban Garage melayani perawatan untuk penampilan kendaraan, mulai dari yang sifatnya kebersihan seperti cuci mobil dan detailing, hingga menjaga tampilan seperti paint protection film (PPF) dan paintless dent remover (PDR).

Baca Juga:
Biar Tetap Kinclong, Ini Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Mobil

Untuk cuci mobil, layanannya terdiri dari daily wash, daily wash with undercarriage, premium wash, lite off-road, heavy off-road, detailing, dan hot steam, dengan rentang harga antara Rp. 60 ribu,- hingga Rp. 600 ribu.

Kemudian untuk detailing, layanannya terdiri dari eksterior, interior, lepas jok serta karpet dasar, lampu, kaca, mesin, kaki-kaki, dan full-detailing, dengan rentang harga mulai dari Rp. 500 ribu untuk lampu saja, hingga Rp. 3,5 juta untuk full-detailing dengan mobil berukuran besar.

“Kita pakai wash mitt untuk membasuh sabun di bodi, dan microfiber pada saat pengeringan. Kalau busa bisa mengakibatkan mobil baret, kalau ini meminimalisir baret. Kita seberusaha mungkin pH (sabun) netral di angka 7-an, menjaga kualitas cat tetap baik tanpa efek samping, dan pengeringannya berusaha banget tidak ada air sama sekali.” jelas Timbul, pemilik Urban Garage.

Berikutnya untuk coating, layanannya terdiri dari lite coating, premium coating, dan urban signature coating, dengan rentang harga antara Rp. 3 juta dan Rp. 9 juta, tergantung layanan dan ukuran mobilnya.

Terakhir untuk perawatan coating, terdiri dari kaca, material kulit, material plastik, material fabric, panoramic roof, sunroof, pelek serta ban, silver package, dan gold package.

Untuk rentang harga perawatan coating, mulai dari Rp. 500 ribu untuk sunroof mobil berukuran kecil hingga Rp. 2 juta untuk coating ulang mobil berukuran besar, dan harga ditentukan antara layanan dan ukuran mobil, serta desinfektan dikenakan biaya Rp. 150 ribu.

Gerai Urban Garage sudah dilengkapi fasilitas pendukung seperti coffee shop, dimana pelanggan bisa menikmati minuman sambil menunggu pekerjaan cuci mobil selesai, atau sekedar menikmati kopi sehingga cocok untuk menjadi tempat nongkrong.

Apabila usaha yang didirikan berhasil, kabarnya Urban Garage akan membuka gerai lagi di bilangan Pondok Pinang, dengan konsep sedikit berbeda.

“Harapannya mau ada Urban Garage Performance di daerah Pondok Pinang. Kita masukin juga jasa-jasa yang ada di sini (Depok). Kita sudah lihat, sekarang lagi coba bridging biaya investment, buat plotting tahunan, mungkin di tahun depan start renovasi tipis.” pungkas Adit. Sukses selalu! (Joule)