Keluaran Suara Jadi Baru Lagi, Hertz Cento CK 165L Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Lawas

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 21/Okt/2023 12:00 WIB
Instalasi speaker Hertz CK 165L di mobil lawas Toyota Land Cruiser Cygnus milik salah satu pelanggan gerai Cartens Autosound. Instalasi speaker Hertz CK 165L di mobil lawas Toyota Land Cruiser Cygnus milik salah satu pelanggan gerai Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Speaker merupakan salah satu item yang akan diganti apabila suaranya sudah tidak dirasa sebagaimana standarnya. Itupun juga bisa terjadi pada speaker standar, terutama untuk mobil yang usianya tergolong uzur.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Seperti Toyota Land Cruiser Cygnus milik salah satu pelanggan Cartens Autosound, yang berada di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan. Pemilik tersebut ke Cartens Autosound untuk mengganti speaker standar yang suaranya sudah tidak seperti standarnya.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Namun pemilik Land Cruiser Cygnus tersebut bukan menggantinya dengan speaker standar yang baru, melainkan Hertz Cento CK 165L dengan sistem 2-way.

“Speaker standar udah sember suaranya. Ini baru nyobain (pakai Hertz).” buka pemilik Land Cruiser yang tidak disebutkan namanya, kepada SoundandMachine.com di gerai Cartens Autosound, Jakarta (12/10/2023).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Hertz Cento CK 165L merupakan speaker 2-way dengan material kertas non-press untuk membran kerucut agar memberikan suara natural, serta frekuensi rendah yang solid dan terkontrol.

Kemudian penambahan sekumpulan magnetik bersama dengan kumparan suara stroke lebar tertentu membuat woofer menjadi maksimal, dengan mempertahankan kontrol maksimal untuk berbagai jenis musik.

Tweeter-nya memiliki filter sebesar 12 dB/okt, dengan dua tingkat redaman, sementara woofer-nya memiliki filter sebear 6 dB/okt karena roll-off frekuensi regulernya, dan dibuat dengan kumparan tembaga murni berdiameter besar untuk efisiensi kerja saat bersuara.

“Sudah tes di sini, paling cocok Hertz. Bas-nya gak terlalu deep, cuma pas dengan settingan standar mobilnya yang belum pasang amplifier dan DSP (Digital Sound Processor). Tweeter-nya pas ketemu di head unit standar jadi pas.” kata Edy Soesanto, Instalatur Cartens Autosound.

Woofer berukuran 165 mm bisa terpasang di penempatan OEM Land Cruiser Cygnus, baik di pintu depan maupun belakang.

Kemudian untuk tweeter, dengan ukuran 26 mm bisa terpasang di penempatan OEM Land Cruiser Cygnus, akan tetapi untuk staging depan saja. Sementara untuk staging belakang membutuhkan pekerjaan custom dudukan karena tidak ada rumah tweeter dari pabriknya.

Agar dapat bekerja dengan maksimal, peredam butyl rubber turut dipasang di pintu, sebelum instalasi speaker CK 165L, yang dilengkapi power handling 100-300 Watt dan impedance 4 Ohm.

Alhasil, sang pemilik puas dengan speaker Land Cruiser Cygnus yang sekarang, meski tanpa penambahan amplifier dan DSP.

“Suaranya lebih oke, fokalnya kerasa, bass-nya gak terlalu kenceng, treble-nya juga keluar.” pungkas pemilik Land Cruiser Cygnus. Boleh juga dipasang di mobil lawas lainnya. (Joule)