Hasil Lelang Miniatur Tembus Rp 83 Juta, Perhelatan Indonesia Diecast Expo 2023 Sukses Digelar

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 10/Nov/2023 12:00 WIB
Perhelatan Indonesia Diecast Expo 2023 di ICE BSD, Tangerang. Perhelatan Indonesia Diecast Expo 2023 di ICE BSD, Tangerang.

SoundandMachine.com (Tangerang) - Perhelatan Indonesia Diecast Expo (IDE) yang tahun ini diadakan pada tanggal 28-29 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang berjalan sukses.

Perhelatan IDE kali ini diadakan bersamaan dengan 4 event, yaitu Motobuiltfest, Indocomtech, Indonesia Motorcycle Show (IMOS), dan Pesta Warga bapak2id, di waktu dan lokasi yang sama.

Baca Juga:
Diadakan Bareng Empat Event, Perhelatan Indonesia Diecast Expo 2023 Gencarkan Kolaborasi

Motobuiltfest merupakan perhelatan modifikasi sepeda motor, Indocomtech merupakan pameran produk informasi dan teknologi, IMOS merupakan pameran sepeda motor, dan Pesta Warga bapak2id merupakan festival keluarga.

“Di hari yang sama, hall samping kita ada beberapa kegiatan. Ini segmennya menurut kami sama dengan IDE.” buka Arya Lembana, Ketua Panitia IDE 2023 kepada SoundandMachine.com dalam konferensi pers di Senayan Park, Jakarta (12/10/2023). 

Baca Juga:
Pajang Mobil Display, Hobbies Gathering Fest Gelar Event Roadshow Indonesia Diecast Expo 2023

IDE X menyuguhkan sejumlah konten acara, termasuk display mobil sungguhan yang menunjukkan kedekatannya dengan industri otomotif.

Baca Juga:
Resmi Buka IIMS 2023, Presiden Jokowi Minta Percepatan Mobil Listrik dan Sambangi Esemka

Adapun mobil sungguhan yang tampil di IDE X antara lain Nissan Fairlady Z, Mercedes-Benz 500E, Honda Civic, Nissan Silvia S15 Garasi Drift, Mini Cooper, Nissan Juke Hotwheels Legends, hingga Citroen C3 dari booth Citroen Indonesia sebagai automotive partner.

“Hampir mayoritas penggemar otomotif itu main diecast. Diecast yang ada di Indonesia dominan mobil-mobilan yang notabene muncul juga custom diecast. Itu juga menunjukkan bahwa antara industri diecast dan car enthusiast sangat besar.” jelas Arya.

(sumber: Indonesia Diecast Expo)

Selain itu, diecast Nissan Skyline GT-R yang resmi dibuat di pabrik Hotwheels untuk IDE X sebanyak 200 pcs, nomor seri pertamanya laku Rp. 83 juta setelah dilelang. “OB (Open Bid) Rp. 6 jt, final 83 juta.” kata Vero Sahetapy, Founder IDE.

Untuk acara IDE 2023 sendiri dihadiri lebih dari 30 brand eksibitor, lebih dari 60 penjual tradisional, 13 tenant makanan dan minuman, lebih dari 40 komunitas, dan menargetkan lebih dari 13.000 pengunjung dengan harga tiket masuk Rp. 50.000,-. Selama 2 hari acara, IDE membukukan 15.000 pengunjung yang artinya sudah melebihi targetnya.

Dengan waktu pengadaan yang berdekatan 4 acara lain dan konten acara seperti ini, pengadaan IDE X bisa dikatakan sukses. Mungkin dari segi lahan terasa tidak sebesar tahun lalu, tetapi antusiasmenya lebih tinggi tahun ini. (Joule)