Siap Diandalkan Kompetisi, DSP Audison Forza C8.14 Mendukung Instalasi Upgrade OEM Style

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 23/Nov/2023 18:00 WIB
Digital Sound Processor Audison AF 8.14 di BMW 520i garapan gerai FI Audio. Digital Sound Processor Audison AF 8.14 di BMW 520i garapan gerai FI Audio.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Salah satu yang khas dari Final Inspection Audio (FI Audio) adalah kerapihan dalam instalasi upgrade audio OEM, namun dari segi spek sudah siap untuk mengikuti kompetisi.

Selain speaker, Digital Sound Processor (DSP) merupakan salah satu perangkat yang krusial untuk memenuhi konsep OEM namun sudah siap kompetisi, salah satunya Audison Forza AF C8.14 bit.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

“Simpel, ukuran kecil, untuk kebutuhan harian, biasanya cukup untuk semua sistem. Ukuran kecil, tenaga besar, untuk hari-hari memudahkan instalasi.” buka Adhika Rusly, Instalatur FI Audio kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di gerainya (25/10/2023).

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

AF C8.14 bit merupakan amplifier D-class Fully Bridgeable High Resolution 14-channel, yang mampu mengamplifikasi fidelitas tinggi di 8-channel, tepatnya 65 W x 8 @ 4 Ohm dan 100 W x 8 @ 2 Ohm.

DSP tersebut memiliki switching frekuensi lebih tinggi, filtering lebih dalam, dan komponen dengan toleransi lebih tinggi menghasilkan suara terbaik di class-D, bisa dikombinasikan dengan DSP bawaan 24 bit/96 kHz, memperluas playback hingga 40 kHz.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Namun yang tak kalah penting untuk mendukung konsep upgrade audio dengan instalasi OEM adalah dimensi perangkat DSP-nya, yaitu panjang 200 mm, lebar 134 mm, dan tinggi 47 mm, sehingga sangat memungkinkan untuk diletakkan di tempat tersembunyi.

Salah satu contohnya ketika FI Audio menggarap BMW 520i milik salah satu pelanggan untuk spek kompetisi, DSP AF C8.14 bit tersebut diletakkan di bagian atas bagasi, setelah membuat dudukan baru untuk keperluan kompetisi.

“Sebenernya bisa ngumpet di tempat originalnya, di bagian belakang kiri, itu sudah ada amplifier. Kalau kompetisi ketika penjurian ada nilai sekring, nilai koneksi perangkat, supaya lebih mudah (presentasi ke juri) kita pindahkan ke luar.” jelas Adhika.

Selain 520i, FI Audio sudah instalasi AF C8.14 bit di mobil pelanggan lain, dan baru-baru ini Toyota GR Yaris setelah pemiliknya tertarik mendengar mobil demo Mercedes-Benz G63 AMG di acara Audison Demo Day. 

Sekedar informasi tambahan, FI Audio sudah memasang DSP AF C8.14 bit di 520i, sebelum ditawarkan di semua paket audio untuk perhelatan Audison Demo Day, sehingga bisa dikatakan menjadi salah satu andalan. (Joule)