Punya Dua Keunggulan, Cartens Autosound Pilih Subwoofer Hertz untuk Upgrade Audio 3-Way OEM

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 17/Nov/2023 18:00 WIB
Subwoofer Hertz MPS 250 S4 10 inci di Toyota Fortuner garapan Cartens Autosound. Subwoofer Hertz MPS 250 S4 10 inci di Toyota Fortuner garapan Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Akhir-akhir ini gerai Cartens Autosound menghadirkan inovasi baru dalam modifikasi car audio OEM Style. Setelah 2-way OEM style untuk staging depan dan belakang, kali ini 3-way yang terinspirasi audio OEM mobil mewah papan atas.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Agar mendukung konsep tersebut, dibutuhkan komponen yang magnetnya tidak terlalu besar sehingga hanya sedikit memakan ruang ketika melakukan pekerjaan custom boks atau dudukan.

Namun untuk menambah suara bass-nya, gerai Cartens Autosound masih memilih Hertz MPS 250 S4 untuk subwoofer-nya, seperti ketika menggarap upgrade audio OEM style dengan komponen high-end.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

“Rata-rata yang slim jadi pilihan. Biar lebih compact.” buka Edy Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com saat ditemui di gerainya (10/11/2023).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Secara keseluruhan MPS 250 S4 memiliki diameter 274,5 mm, dan kedalaman 82, 6 mm, tetapi sudah dirancang optimal untuk pemasangan yang relatif tertutup, mulai dari ukuran 14 Lt. Salah satu contohnya adalah penutup subwoofer di bawah bangku belakang pikap, dengan kedalaman dan ketinggian yang relatif terbatas.

Selain itu, subwoofer MPS 250 S4 juga memiliki rasio kedalaman/kinerja yang belum pernah dicapai sebelumnya, berkat kapasitas ekskursi kerucut  20% lebih tinggi dibandingkan desain tradisional.

Subwoofer tersebut juga dilengkapi suspensi dan struktur pendukung khusus untuk spider dan koil, sehingga magnetnya bisa dipindah ke dalam, mengurangi kedalaman dan pada saat yang sama memaksimalkan ekskursi linier kerucut.

“Kalau lihat konturnya, powerful, gesit, bass-nya padat, desain bodinya kokoh dengan magnet model neodymium tipis.” kata Edy.

Tak ketinggalan, MPS 250 S4 sudah memiliki power handling 500 - 1.000 Watt, dan impedance 4 Ohm dengan dimensi sekompak itu.

Tidak mengherankan jika MPS 250 S4 masih menjadi pilihan gerai Cartens Autosound dalam membangun sistem 3-way OEM style lantaran dimensi kompak namun memiliki power handling besar. (Joule)