Lebih Murah dari All-New Honda CR-V, Varian Reguler Mazda CX-5 Kini Sudah All-Wheel Drive

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 01/Des/2023 18:00 WIB
Mazda CX-5 Minor Change 2023 yang resmi diluncurkan oleh Eurokars Motor Indonesia selaku agen pemegang merek. Mazda CX-5 Minor Change 2023 yang resmi diluncurkan oleh Eurokars Motor Indonesia selaku agen pemegang merek.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda di Indonesia telah resmi meluncurkan minor change untuk lini medium SUV-nya, yaitu Mazda CX-5, mulai tanggal 29 November 2023 di Midaz, Senayan, Jakarta.

Minor change CX-5 kali ini menawarkan pengalaman berkendara baru, dan itu bukan sekedar eksterior dan interiornya saja, sebagai lini Mazda pertama dengan teknologi full-Skyactiv.

Baca Juga:
Sambut Idul Fitri 2024, Mazda Indonesia Gelar Service dan Promo Khusus Momen Lebaran

“Mobil pertama yang menandai Skyactiv itu CX-5. Saat itu memiliki fitur lebih advance, dibandingkan kompetitor sekelasnya. CX-5 terus mengalami perubahan sampai saat ini dan di akhir tahun 2023 PT. EMI akan memperkenalkan improvement pada New CX-5.” buka Kenny Wala, Product Planning Manager PT. EMI kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran (29/11/2023).

Baca Juga:
Pasar Otomotif Tinggi, Mazda Akan Bangun Pabrik Perakitan Kendaraan di Indonesia

Menariknya, minor change tersebut juga ada di CX-5 edisi terbatas, yaitu CX-5 EMI 6th Anniversary Edition yang dirilis dalam rangka memperingati hari jadi ke-6 APM-nya.

Pertama untuk varian Elite, sekarang tampilannya seperti CX-5 EMI 6th Anniversary Edition dari cladding sewarna bodi dan desain pelek 19 inci. Selain itu, tersedia juga warna baru Platinum Quartz Metallic yang membuatnya tampil lebih elegan.

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2024: Mazda Hadirkan Inovasi Masa Depan Modifikasi Berorientasi Balap

Kemudian untuk Kuro, gril, cladding, dan pelek 19 inci sekarang dilabur gloss black yang membuat tampilannya lebih rapi namun tetap memberikan aura sporti.

Untuk interior, pembaruannya sebatas layar multimedia 10,25 inci dan ventilated seat yang membuat berkendara lebih nyaman, serta USB Type-C Connectivity. Selebihnya sama, namun desain interior CX-5 masih belum terasa ketinggalan.

Mesin dan transmisi masih sama yaitu 2.500 cc 4-silinder naturally-aspirated bertenaga 190 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimum 252 Nm di 4.000 rpm, yang disalurkan oleh transmisi otomatis torque converter 6-percepatan Skyactiv-D.

Namun yang lebih menarik adalah untuk varian Kuro, karena tenaga dan torsi mesin tersebut disalurkan ke semua roda, yang berarti sudah All-Wheel Drive (AWD) dengan teknologi i-Activ AWD.

Fitur AWD seperti ini sebelumnya hanya ada di CX-5 EMI 6th Anniversary Edition, namun sekarang sudah ada di varian regulernya.

“AWD ini bisa memberikan pengalaman berkendara lebih baik. AWD itu buat off-road ngga juga, lebih ke arah kestabilan.” kata Ricky Thio, Managing Director PT. EMI.

Terakhir mengenai harga, lebih menarik lagi, karena dengan update eksterior dan interior serta penambahan fitur AWD, masih berada di rentang Rp. 600 jutaan.

Terlepas dari soal masih berada di generasi yang sama sejak pertama diluncurkan pada tahun 2017, harga Rp. 600 jutaan jelas membuat kompetitornya Honda All-New CR-V semakin terasa terlalu mahal karena sudah menyentuh Rp. 700 jutaan, itupun non-hybrid dan front-wheel drive.

“Harga New CX-5 Elite di Rp. 628,8 juta, dan untuk Kuro di 668,8 juta. Itu on the road Jakarta.” pungkas Kenny. (Joule)