Mitsubishi Motors Mulai Produksi Kendaraan Listrik Komersial Minicab MiEV di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 17/Des/2023 12:00 WIB
Seremoni produksi kendaraan listrik Mitsubishi Minicab MiEV, yang akan dipasarkan dengan nama L100 EV untuk pasar Indonesia. (sumber: Mitsubishi) Seremoni produksi kendaraan listrik Mitsubishi Minicab MiEV, yang akan dipasarkan dengan nama L100 EV untuk pasar Indonesia. (sumber: Mitsubishi)

SoundandMachine.com (Bekasi) - Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors) mengumumkan kendaraan listrik komersil Mitsubishi Minicab MiEV sudah mulai diproduksi di pabrik PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang berada di Bekasi, Jawa Barat.

Diproduksinya Minicab MiEV merupakan jawaban Mitsubishi Motors atas kontribusinya terhadap lingkungan hidup, serta mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia karena akan diekspor ke berbagai negara ASEAN.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

“Dengan dimulainya produksi kendaraan listrik kami di luar Jepang, kami berharap mampu menumbuhkan permintaan kendaraan listrik di ASEAN, serta berkontribusi pada lingkungan hidup di suatu negara dalam waktu bersamaan.” buka Takao Kato, President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors dalam keterangan resminya (16/12/2023).

Baca Juga:
Animo Semakin Tinggi, JDM Funday 2024 Siap Meriahkan Sirkuit Mandalika dan Pariwisata NTB

Minicab MiEV sudah tampil di berbagai pameran otomotif di Indonesia, sebut saja Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Indonesia Electric Motor Show (IEMS), dan Indonesia International Motor Show (IIMS). Ketika pameran IEMS 2021, Mitsubishi Motors melalui Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membuka kesempatan kepada publik untuk test drive di sekitar lokasi pameran yaitu Puspiptek, Tangerang.

Namun dari pameran ke pameran, Minicab MiEV baru sampai tahap studi armada operasional untuk 4 perusahaan, yaitu PT. Pos Indonesia, PT. Haleyora, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia.

Baca Juga:
Ada Lagu Baru di Tahun 2024, Car Audio Network Kembali Gelar Training Regulasi dan Penjurian

Selain itu, Minicab MiEV tersebut masih berspesifikasi Jepang, dengan motor listrik bertenaga maksimum 41 PS, torsi maksimum 194 Nm, dan kapasitas baterai 16 kWh untuk daya jelajah 150 km.

(sumber: Mitsubishi)

Meski belum mengungkap lebih rinci mengenai spesifikasi untuk pasar Indonesia, di keterangan resmi disebut bahwa Mitsubishi Motors akan memproduksi Minicab MiEV, kendaraan listrik kelas kei-car, dan masuk Indonesia dengan nama L100 EV.

Berhubung tertulis ‘kei-car’, kemungkinan besar dimensi L100 EV tidak melebihi standar maksimumnya, yakni panjang 3,4 meter, lebar 1,48 meter, dan tinggi 2 meter.

Selain itu, L100 merupakan kode model dari Minicab yang sempat dipasarkan ke Indonesia secara resmi pada tahun 1977 hingga sekitar tahun 1984.

(sumber: Mitsubishi)

Jika merujuk pada spesifikasi Minicab MiEV pasar Jepang yang mendapat improvisasi pada tanggal 24 November 2023 lalu, L100 EV kemungkinan akan memakai motor listrik dan baterai generasi baru.

Motor listrik tersebut memiliki tenaga maksimum 42 PS, torsi maksimum 195 Nm, dan terintegrasi dengan inverter agar lebih hening serta dapat menempuh jarak sejauh 180 km dalam sekali pengisian, sehingga daya jelajahnya 35 persen lebih besar.

(sumber: Mitsubishi)

Untuk baterai yang kapasitasnya 25 persen lebih besar yaitu 20 kWh, dapat diisi penuh dalam waktu 7,5 jam dengan normal charging AC200V (15A), tetapi apabila menggunakan fast charging 60 ampere atau lebih, dari nol sampai 80 persen dalam waktu 42 menit.

MMKI masih belum mengumumkan pemasaran L100 ke Indonesia, namun bisa dipastikan akan meluncur tahun 2024 mendatang. (Joule)